Jumat 14 Aug 2020 19:16 WIB

Mueller: Messi tak Bisa Dihentikan Hanya dengan Satu Pemain

Namun demikian, Barcelona bukan hanya Lionel Messi.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Bintang Barcelona Lionel Messi.
Foto: EPA-EFE/ALEJANDRO GARCIA
Bintang Barcelona Lionel Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Gelandang serang Bayern Muenchen, Thomas Mueller, mengakui, saat ini kapten Barcelona, Lionel Messi, tengah berada dalam kondisi terbaik. Gelandang serang asal Jerman itu lantas mengungkapkan cara terbaik untuk bisa meredam Messi kala Muenchen menghadapi Barca di perempat final Liga Champions, Sabtu (15/8) dini hari WIB.

Kendati sempat mengalami cedera dan harus absen di empat partai pada pentas La Liga Spanyol musim ini, tapi Messi tetap mampu menjadi andalan Barcelona. Pemain berjuluk La Pulga itu mengakhiri La Liga musim ini sebagai top skorer kompetisi dengan torehan 25 gol.

Pun di pentas Liga Champions. Kapten Barcelona itu menyumbang satu gol dan satu assist kala Blaugrana membungkan Napoli, 3-1, di babak 16 besar Liga Champions, akhir pekan lalu. Maka tidak mengherankan apabila peraih enam gelar Ballon d'Or itu diprediksi bakal menyulitkan pertahanan Muenchen di partai perempat final.

Jika Messi telah berada dalam kondisi terbaiknya, Mueller menilai, perlu lebih dari satu pemain untuk bisa meredam permainan La Pulga. ''Dia tipe pemain yang tidak bisa dihentikan hanya dengan satu pemain. Berdasarkan pengalaman saya, saat menghadapi Messi, Anda harus bertahan sebagai sebuah tim,'' ujar Mueller seperti dilansir Marca, Jumat (14/8).

photo
Thomas Mueller - (EPA-EFE/ARMANDO BABANI)

Mueller menyebut, saat Messi berhasil melewati satu pemain, maka pemain kedua harus bisa menghentikanya. Apabila pemain tersebut gagal, maka harus ada pemain ketiga. Pada saat bersamaan, pemain pertama sudah harus kembali mengganggu gerak Messi.

''Karena itu, Anda tidak bisa bertahan menghadapi Messi hanya dengan satu pemain. Kami harus lebih agresif dalam upaya menghentikan Messi. Laga itu akan berjalan sulit, sekaligus menarik,'' kata pencetak assist terbanyak di pentas Bundesliga Jerman musim lalu dengan torehan 21 assist.

Kendati begitu, gelandang serang berusia 30 tahun itu menegaskan, Die Bayern memiliki kemampuan untuk meredam Messi. Terlebih, dalam beberapa laga terakhir, lini pertahanan Die Bayern terbukti bisa tampil secara solid dan terorganisasi.

Namun, Mueller juga menyebut, timnya tetap mewaspadai kemampuan penggawa Barca yang lain. ''Jika Anda melihat rekaman laga kami sebelumnya, Anda bisa lihat kami mampu bertahan sebagai sebuah tim dan tampil cukup baik. Namun, Barcelona bukan hanya Messi, kami mesti bisa menghentikan gerak Barcelona secara keseluruhan,'' ujar dia menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement