Kamis 20 Aug 2020 01:29 WIB

3 Hal Ini Bikin Lyon Percaya Diri

Lyon tidak diunggulkan menghadapi Bayern Muenchen di babak semifinal Liga Champions.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Didi Purwadi
 Para pemain Olympique Lyon menghadiri sesi latihan timnya di Lisbon, Portugal (18/8/2020). Olympique Lyon akan menghadapi Bayern Munich di semifinal Liga Champions UEFA pada 19 Agustus 2020.
Foto: EPA-EFE / Franck Fife
Para pemain Olympique Lyon menghadiri sesi latihan timnya di Lisbon, Portugal (18/8/2020). Olympique Lyon akan menghadapi Bayern Munich di semifinal Liga Champions UEFA pada 19 Agustus 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Olympique Lyon tidak diunggulkan menghadapi Bayern Muenchen di babak semifinal Liga Champions pada Kamis (20/8) malam dini hari WIB. Namun, ada 3 hal yang akan membuat Lyon akan tampil percaya diri dalam laga di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal tersebut. 

Alasan pertama yakni posisi Lyon di klasemen Ligue 1 Prancis. Berada di posisi ketujuh dengan 40 poin, Les Gones gagal mendapatkan tiket untuk tampil di kancah Eropa musim depan.

Satu-satunya peluang kini tinggal tersisa lewat jalur juara Liga Champions musim ini. Jika mampu menjuarainya, Olympique Lyon akan mendapat tiket langsung tampil di babak penyisihan grup Liga Champions musim depan.

''Impian kami adalah tampil di Liga Champions musim depan. Jadi, kami tidak punya pilihan lain, selain menang," tutur gelandang Lyon asal Brasil, Bruno Guimaraes, seperti dikutip Sky Sports.

Kedua, Lyon sangat berhasrat lolos ke final Liga Champions untuk pertama kalinya. Lyon baru saja mengulangi prestasi terbaiknya lolos ke babak semifinal, prestasi yang terakhir kali mereka torehkan pada musim 2009/2010.

Pelatih Lyon, Rudi Garcia, menyebut kesempatan untuk bisa menembus partai puncak Liga Champions tidak akan datang dalam satu atau dua musim berikutnya. Karena itu, kata Garcia seperti dikutip dari AFP, kesempatan ini tidak akan dibuang percuma pada laga lawan Bayern Muenchen nanti.

''Peluang ini yang kami incar di laga selanjutnya,'' ujar Garcia.

Ketiga atau terakhir adalah status non-unggulan yang membuat Lyon justru termotivasi untuk tampil maksimal. Apalagi, The Kids sudah membuktikannya dengan menyingkirkan Juventus dan Manchester City untuk menempatkan kakinya di babak empat besar.

''Kepercayaan diri tim ini terus tumbu seiring hasil apik di kompetisi ini,'' kata Garcia. ''Kami bukanlah tim unggulan, tapi status itu justru membuat kami terpacu untuk bisa berusaha semaksimal mungkin dan kembali memberikan kejutan.'' 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement