Kamis 20 Aug 2020 01:37 WIB

Rudi Garcia Berpeluang Samai Torehan Didier Deschamps

Didier Deschamps membawa AS Monaco lolos ke final Liga Champions 2004.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Didi Purwadi
Rudi Garcia
Foto: AP Photo/Riccardo De Luca
Rudi Garcia

REPUBLIKA.CO.ID, LISBON -- Olympique Lyon berpeluang mencetak sejarah lolos ke final Liga Champions untuk pertama kali jika mampu melewati adangan Bayern Muenchen pada laga Kamis (20/8) malam dini hari WIB ini. Sang pelatih Rudi Garcia pun berpotensi menjadi pelatih kedua dari Prancis yang bisa memimpin tim Ligue 1 menuju final Liga Champions.

Sebelumnya, seperti dikutip dari Opta, hanya Didier Deschamps yang menorehkan catatan tersebut. Deschamps membawa AS Monaco lolos ke laga puncak kompetisi terelite benua biru pada musim 2003/2004.

Sayangnya, pelatih asal Prancis itu gagal membawa Monaco menjadi juaranya. Menghadapi FC Porto yang saat itu diarsiteki Jose Mourinho, Monaco menyerah dengan skor telak 0-3.

Selain itu, jika Lyon mampu menyingkirkan Bayern Muenchen malam ini, gelar juara Liga Champions dipastikan jatuh ke tim Prancis untuk kedua kali. Paris Saint Germain, juara Ligue 1 Prancis, sudah meraih tiket final usai menaklukkan kuda hitam asal Jerman, RB Leipzig, dengan skor 3-0.

Marseille menjadi tim Prancis pertama sekaligus terakhir yang mampu menjadi juara Eropa pada 1993. Tampil di final Liga Champions edisi perdana tersebut, Marseille menang tipis 1-0 dari AC Milan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement