Kamis 20 Aug 2020 16:20 WIB

Gullit Tunggu Pinangan KNVB Latih Timnas Belanda

Ronald Koeman meninggalkan kursi pelatih timnas Belanda untuk menukangi Barcelona.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Ruud Gullit
Foto: laureus.com
Ruud Gullit

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Pelatih asal Belanda, Ruud Gullit, mengaku tidak akan menolak tawaran Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) untuk menggantikan Ronald Koeman di kursi pelatih timnas Belanda. Koeman meninggalkan jabatannya sebagai pelatih timnas Belanda dan memilih menerima tawaran untuk menjadi arsitek Barcelona pada pertengahan pekan ini.

Sejumlah nama pelatih disebut-sebut bakal menjadi pengganti Koeman sebagai pelatih timnas Belanda. Mulai dari Arsene Wenger, Erik Ten Hag, hingga eks pelatih Crystal Palace, Frank De Boer, dilaporkan masuk bursa calon pelatih tim Oranje. Kendati bukan nama terdepan dalam calon pengganti Koeman, tapi Rudd Gullit tidak mau ketinggalan.

Baca Juga

Mantan pelatih Chelsea dan Newcastle United itu siap apabila dipercaya menukangi Frenkie de Jong dan kawan-kawan di timnas Belanda. "Apabila tawaran menangani tim nasional datang, maka tentu saja (saya akan menerima tawaran tersebut). Itu akan menjadi pekerjaan yang membanggakan dan saya kira, semua pelatih asal Belanda, yang ditawari posisi tersebut akan mempertimbangkannya," kata Gullit, seperti dilansir Daily Star, Kamis (20/8).

Meski mampu menorehkan prestasi mentereng saat masih merumput di era 80-an, tapi kiprah Gullit sebagai pelatih belum terlalu meyakinkan. Prestasi terbaik pelatih berusia 57 tahun itu adalah saat mengantarkan Chelsea meraih titel Piala FA pada musim 1996/1997. Sempat menukangi Feyenoord, Newcastle United dan LA Galaxy, Gullit gagal membawa tim-tim tersebut meraih prestasi gemilang.

Di sisi lain, pelatih yang akan menggantikan Koeman di timnas Belanda akan dihadapkan tantangan besar. Di bawah kendali Koeman, Belanda menjadi runner-up di UEFA Nations League. Belanda juga lolos ke putaran final Piala Eropa 2020, yang akan digelar pada musim panas 2021. 

Belanda diharapkan mampu menorehkan prestasi apik di putaran final Piala Eropa 2020, setelah sebelumnya gagal melangkah ke putaran final Piala Dunia 2014 dan Piala Eropa 2016. Apalagi, Oranje saat ini dihuni oleh pemain-pemain muda yang dianggap memiliki prospek menjanjikan seperti Matthjis de Ligt, Frenkie de Jong, dan Donny Van der Beek. Dengan berbagai capaian di level klub, terutama di Ajax Amsterdam, pemain-pemain tersebut dinilai mejadi penanda era baru timnas Belanda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement