Selasa 08 Sep 2020 06:22 WIB

Kalah Tipis, Pelatih Belanda Puji Italia

Dwight Lodeweges menilai Italia lebih baik dari Belanda dalam bermain menyerang.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Pelatih sementara timnas Belanda, Dwight Lodeweges.
Foto: EPA-EFE/KOEN VAN WEEL
Pelatih sementara timnas Belanda, Dwight Lodeweges.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Pelatih timnas Belanda Dwight Lodeweges mengapresiasi Italia setelah mengalahkan timnya 0-1 dalam pertandingan Grup 1 Liga A (A1) UEFA Nations League di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Selasa (8/9) dini hari WIB. Menurut dia, Belanda yang ingin bermain menyerang kalah bagus dari Italia yang juga berinisiatif serupa.

Nicolò Barella menjadi penentu kemenangan Gli Azzurri setelah memanfaatkan umpan silang matang Ciro Immobile pada akhir babak pertama. 

Baca Juga

Kemenangan membuahkan tiga poin untuk Italia sekaligus mebawa ke puncak klasemen sementara Grup A1 dengan koleksi empat poin.  Belanda masih bertahan di posisi dua dengan tiga poin, Polandia di bawahnya dengan poin yang sama dengan Belanda, kemudian Bosnia-Herzegovina berada di urutan terakhir dengan satu angka. 

"Kami dikalahkan tim hebat yang pada dasarnya ingin melakukan hal sama dengan kami, tapi mereka melakukannya dengan lebih baik malam ini," kata Lodeweges kepada laman UEFA, seperti dikutip Football Italia, Selasa (8/9). 

Menurut pelatih sementara tersebut, timnya tidak saling membantu satu sama lain di babak pertama. Hal inilah yang ditengarai menjadi penyebab kebobolan mengingat gol Italia berasal dari permainan terbuka. 

"Berlari cepat dan bekerja keras tidaklah cukup. Ketika kami menguasai bola, kami cepat kehilangannya. Itu membuat ruang jadi terbuka lebar," ujarnya. 

Lodeweges masih optimistis memetik hasil positif di kemudian hari, meski berstatus juru taktik sementara setelah Ronald Koeman memutuskan pindah ke Barcelona. 

"Kalah dari lawan yang hebat memang tidak menyenangkan, tapi ini kesempatan bagus untuk belajar. Kami masih bisa melangkah lagi ke depan," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement