Rabu 09 Sep 2020 14:24 WIB

Airlangga Diganjar Penghargaan Pembina Olahraga Terbaik

Tujuh insan nasional lain juga diganjar pembina olahraga berprestasi.

Ketua Umum PP Wushu Indonesia yang saat ini menjabat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat menghadiri Bali International Kungfu Championship.
Foto: Istimewa
Ketua Umum PP Wushu Indonesia yang saat ini menjabat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto saat menghadiri Bali International Kungfu Championship.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Ketua Umum Pengurus Pusat Wushu Indonesia (PBWI) Airlangga Hartarto menjadi salah satu tokoh yang diganjar sebagai pembina olahraga berprestasi. Airlangga bersama tujuh tokoh lainnya akan menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo langsung secara virtual pada puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020, Rabu (9/9) di GOR POPKI, Cibubur.

Sekretaris Jenderal PP Wushu, Ngatino Salim menuturkan, Airlangga dinilai berjasa memajukan olahraga nasional dalam kapasitasnya sebagai Ketum PP Wushu Indonesia. “Di bawah kepemimpinannya, atlet-atlet wushu Indonesia meraih prestasi di berbagai ajang internasional, termasuk kejuaraan dunia dan single-event lainnya,” tutur Ngatino, Rabu (9/9).

Ia menambahkan, salah satu atlet wushu yang berprestasi adalah Edgar Xavier Marvelo, asal DKI Jakarta. Atlet berusia 21 tahun itu menyumbang tiga medali emas untuk Indonesia pada Kejuaraan Dunia Wushu 2019 di Shanghai, Cina. Edgar sendiri juga dianugerahi atlet berprestasi bersama Ni Nengah Widiasih dari cabang olahraga atletik.

Pada puncak perayaan Haornas 2020 hari ini ada 16 insan terbaik nasional yang akan mendapatkan penghargaan dari pemerintah melalui Kemenpora. Penghargaan diberikan kepada pembina olahraga, penggerak olahraga, dan pelaku olahraga berprestasi tahun 2020. “Tema peringatan Haornas 2020 adalah 'Sport Science, Sport Tourism & Sport Industry',” ujar Ngatino.

Selain Airlangga Hartarto yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Kabinet Indonesia Maju, ada tujuh insan nasional lain yang diganjar pembina olahraga berprestasi. Mereka yakni, Mochamad Basoeki Hadimoelyono, Edhy Prabowo, Djoko Pramono, Rohidin Mersyah, Longki Djonggala, Hendrar Prihadi, dan  Harry Warganegara.

Selain penghargaan pembina olahraga terbaik, Haornas 2020 juga memberi penghargaan kepada insan penggerak olahraga berprestasi. Penghargaan ini diberikan kepada Tri Suswati Karnavian dan Joni Supriyanto. Untuk pelatih berprestasi diberikan kepada Jonifirdaus Effendi. Penghargaan lainnya diberikan untuk Komarudin (dosen) dan Suryopratomo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement