Kamis 10 Sep 2020 07:05 WIB

Depak Bucks, Heat ke Final Wilayah NBA

Heat tim dengan peringkat terendah kedua yang lolos ke final wilayah.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Logo NBA.
Foto: www.free-picture.net
Logo NBA.

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Miami Heat menjadi tim pertama yang lolos ke final wilayah kompetisi bola basket NBA. Kepastian ini didapat setelah Jimmy Butler dkk mengalahkan Milwaukee Bucks 103-94 dalam gim kelima semifinal Wilayah Timur, Rabu (9/9).

Hasil ini membuat Heat unggul 4-1 dari format best of seven. Lawan yang akan dihadapi Heat antara Boston Celtics dan Toronto Raptors yang memainkan gim semifinal keenam hari ini. Celtics sementara memimpin 3-2.

Meskipun di babak reguler Heat hanya menempati unggulan kelima dan lawannya merupakan unggulan pertama sekaligus tim terbaik babak reguler dengan catatan kemenangan 56-17, namun tim asuhan Erik Spoelstra justru tampil begitu dominan. Heat bahkan unggul 3-0 terlebih dahulu, sebelum Bucks memperkecil menjadi 1-3.

Cedera yang dialami bintang Bucks, Giannis Antetokounmpo, di awal kuarter kedua gim keempat, mempermudah langkah Heat untuk melesat ke final wilayah. "Kami sangat menghormati tim itu (Bucks) dan sangat disayangkan Giannis tidak bisa bermain malam ini," kata Erik Spoelstra dilansir AP.

Sebelumnya, Bucks berharap Antetokounmpo bisa dimainkan. Keputusan untuk tidak menurunkan Antetokounmpo baru diambil sekitar 45 menit sebelum pertandingan.  Antetokounmpo melakukan apa yang ia bisa, bersorak dari bangku cadangan, melakukan rebound untuk rekan satu tim selama pemanasan, dan memberikan kata-kata semangat selama time-out. Tapi Bucks tetap saja gagal.

Ini pertama kalinya Heat kembali lolos ke final Wilayah Timur sejak 2014, dan pertama kalinya bagi Jimmy Butler mencapai level ini di babak play-off. Torehan ini juga menjadikan Heat tim dengan peringkat terendah kedua atau unggulan lima yang lolos ke final wilayah. Tim unggulan terendah dipegang oleh New York Knicks, yakni unggulan delapan saat melakukannya pada 1999 silam.

NBA menggunakan format play-off yang diikuti 16 tim pada tahun 1984 dan ini kali keenam dalam 37 musim, unggulan pertama itu tidak mencapai final di Wilayah Timur. “Anda selalu ingin mewujudkan ekspektasi. Saya ingin bersama orang-orang dengan karakter tinggi yang berdiri untuk sesuatu,” kata pelatih Bucks, Mike Budenholzer.

Sementara itu dalam semifinal Wilayah Barat, setelah kalah dalam laga pertama Los Angeles (LA) Lakers kini berbalik unggul 2-1 atas Houston Rockets. Keunggulan ini diraih setelah dalam laga Rabu (9/9) di Advent Health Arena, Orlando, Florida, Amerika Serikat (AS), LeBron James dkk menang 112-102.

Kemenangan ini memberi LeBron rekor play-off NBA menjadi 162 kemenangan, melampaui rekor mantan pemain Lakers, Derek Fisher. dengan 161 kemenangan. "Itu adalah sesuatu yang tidak pernah saya impikan.'' ujar LeBron.

Selain menyumbang 36 poin, LeBron juga melakukan tujuh rebound, lima assist, dan empat blok. "Tidak ada yang punya dampak kemenangan lebih dari LeBron James," kata pelatih Lakers, Frank Vogel. ''Dia harus menjadi MVP."

Dalam laga ini, LeBron mencapai tonggak sejarah dengan mendapat banyak bantuan dari Rajon Rondo. Adapun Rondo menjadi pemain pertama yang memiliki setidaknya 12 poin dan lima assist pada kuarter keempat pertandingan play-off sejak LeBron melakukanmya untuk Cleveland Cavaliers pada 22 April 2010. Rondo mengakhiri laga dengan 21 poin dan sembilan assist.

Hasil NBA Rabu (9/9)

- Miami Heat 103-94 Milwaukee Bucks (4-1)

- Los Angeles Lakers 112-102 Houston Rockets (2-1)

Jadwal Kamis (10/9) WIB:

- Pukul 05.30 WIB Boston Celtics vs Toronto Raptors (3-2)

- Pukul 08.00 WIB LA Clippers vs Denver Nuggets (2-1)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement