Jumat 11 Sep 2020 06:40 WIB

Hamilton: F1 Masih Butuh Vettel

Sebastian Vettel akan membalap di Aston Martin, nama baru Racing Point, musim depan.

Sebastian Vettel (kiri) dan Lewis Hamilton.
Foto: AP
Sebastian Vettel (kiri) dan Lewis Hamilton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juara dunia enam kali Lewis Hamilton menyatakan bahwa Formula 1 (F1) masih membutuhkan kehadiran Sebastian Vettel. Pembalap Jerman yang kontraknya habis pada musim ini bersama Ferrari, akan membalap untuk Aston Martin musim depan. Aston Martin merupakan nama baru dari tim Racing Point yang saat ini berpartisipasi di F1 2020.

Hamilton mengatakan jelang Grand Prix Tuscan di Sirkuit Mugello, Italia, Kamis (10/9), keputusan Vettel hijrah dari Ferrari ke tim yang bermarkas di Silverstone, Inggris merupakan kabar baik untuk olahraga balap tersebut. "Itu adalah pergeseran yang cukup besar dari Ferrari ke tim yang sedang naik daun," kata Hamilton kepada Sky Sports seperti dikutip Reuters."Tapi aku rasa Formula 1 sangat butuh mempertahankan pembalap hebat itu di olahraga ini jadi aku sangat senang jika dia lanjut dan tidak berhenti (pensiun).

Baca Juga

Pembalap berusia 35 tahun asal Inggris itu mengaku sangat senang untuk Vettel karena musim ini ia menjalani balapan sulit. Menurut Hamilton, Vettel akan belajar banyak dari sana.

Racing Point menyatakan, tanpa merinci detail kontrak, jika Vettel akan membalap dengan mereka mulai musim 2021 dan selanjutnya, menggantikan pembalap Meksiko Sergio Perez. Vettel, yang kini berusia 33, menyatakan kepada awak media jika dia sempat memutuskan pensiun sebelum dipinang oleh tim miliki miliarder Kanada Lawrence Stroll itu.

Bertahannya Vettel di F1 berarti akan ada sedikitnya tiga juara dunia yang berada di kejuaraan tahun depan. Sebab juara dunia dua kali Fernando Alonso akan kembali ke paddock F1 bersama Renault, yang akan berganti nama menjadi tim Alpine F1. Alonso sebelumnya absen selama dua musim. Sementara juara dunia 2007 Kimi Raikkonen belum memutuskan masa depannya apakah akan lanjut membalap tahun depan.

"Aku rasa itu langkah paling pintar yang bisa diambil Aston Martin dan aku tertarik melihat apa yang bisa ia berikan dan bagaimana dia membantu progres tim itu selanjutnya," kata Hamilton.

Hamilton saat ini memuncaki klasemen pembalap dengan selisih 47 poin dari rekan satu timnya Valtteri Bottas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement