Senin 12 Oct 2020 10:56 WIB

Gelar NBA untuk Sang Legenda Kobe Bryant

Teriakan Kobe dan Mamba bergemuruh di setiap permainan Lakers.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Para pendukung LA Lakers merayakan kerbahasilan tim kesayangannya meraih gelar juara NBA 2019/2020 di Staples Center, LA, Senin (12/10).
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Para pendukung LA Lakers merayakan kerbahasilan tim kesayangannya meraih gelar juara NBA 2019/2020 di Staples Center, LA, Senin (12/10).

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Kota Los Angeles (LA), Amerika Serikat, bahkan dunia, dirundung duka memasuki tahun 2020. Salah satu legenda kota LA, Kobe Bryant berserta putrinya Gianna Bryant dan tujuh penumpang lainnya tewas dalam sebuah kecelakaan helikopter pada 26 Januari lalu. 

Seusai tragedi tersebut, Lakers berjanji memainkan musim ini untuk menghormatinya. Dalam pidatonya di depan penonton Staples Center, markas Lakers, yang menangis di pertandingan pertama mereka setelah tragedi itu, Mega Bintang LeBron James berjanji secara terbuka.

“Satu hal yang selalu kami bagikan adalah tekad untuk selalu ingin menang dan hanya ingin menjadi hebat.  Saya ingin terus bersama rekan satu tim saya, untuk melanjutkan warisannya (Kobe), karena itulah yang diinginkan Kobe Bryant," kata James kala itu, dilansir dari laman LA Times.

Dan kini, tekad tersebut telah diwujudkan LeBron James dkk, setalah di gim 6 Final NBA hari ini mengalahkan Miami Heat 106-93 yang membuat Lakers unggul 4-2 dari format best-of-seven.

Sepanjang perjalanan pascamusim dengan hanya kalah lima kali dalam 21 pertandingan, Lars memecahkan ngerumpi mereka dengan nyanyian, “1-2-3-Mamba!”  Mereka memakai sepatunya.  Mereka mengenakan kausnya.  Mereka membubuhkan tanda tangan mereka pada tanda yang membawa kredo "Tinggalkan Warisan".

Ketika Anthony Davis melakukan tembakan tiga angka yang paling berkesan bertepatan dengan buzzer Beater untuk menghancurkan Denver di gim 2 final Wilayah Barat - dia memukul dadanya dan berteriak, "Kobe!"  Drama itu akan selamanya dikenal sebagai "The Mamba Shot".

“Kehadiran Kobe sangat ajaib,” kata Tim Harris, presiden operasi bisnis dan chief operating officer Lakers.  "Itu seperti kami bermain enam lawan lima." Hal itu terbukti saat mereka mengenakan Jersey Black Mamba rancangan Bryant sendiri.

Mereka mencetak kemenangan 4-1 dengan seragam itu. Davis melakukan tembakan melawan Denver dengan seragam itu. Mereka mengenakan kaus itu seperti baju besi. Mereka berkompetisi dengan seragam seperti Kobe.

“Tekanan yang sangat besar, tapi kami tidak ingin kalah, kami tidak ingin mengecewakannya,” kata Davis. Ketika Bryant pensiun pada tahun 2016, dia secara terkenal mengakhiri pidato terakhirnya di Staples Center dengan,  sebuah perkataan "Mamba keluar!".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement