Selasa 13 Oct 2020 06:42 WIB

57 Pebasket Dipanggil Sebagai Calon Pemain Timnas Elite Muda

Hal ini dilakukan sebagai bentuk persiapan menuju Piala Dunia Basket 2023.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih Timnas Elite Muda Youbel Sondakh.
Foto: Republika/Prayogi
Pelatih Timnas Elite Muda Youbel Sondakh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pengurus Pusat Persatuan Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) melalui Badan Tim Nasional (BTN) melakukan berbagai program dengan salah satunya adalah Pembentukan Tim Nasional Elite Muda. Hal ini dilakukan sebagai bentuk persiapan menuju Piala Dunia Basket 2023. Pembentukannya adalah untuk mempersiapkan talenta-talenta muda terbaik Indonesia sebagai pelapis pemain Tim Nasional Elite Senior.

Berdasarkan tujuan tersebut, PP Perbasi mulai Senin (12/10), menerbitkan surat pemberitahuan ke seluruh Pengurus Provinsi Perbasi terkait rencana seleksi pemain Timnas Elite Muda. Ada 57 pemain muda yang terpantau.

Para pemain itu masuk kategori U-23 (di bawah 23 tahun) yang terpantau dari berbagai kompetisi. Para pemain itu akan diseleksi dan diberi kesempatan bermain di IBL musim 2021 supaya mereka memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi di level kompetisi tertinggi di tanah air.

Timnas Elite Muda akan dilatih oleh eks juru taktik Satria Muda, Youbel Sondakh. Youbel diasisteni Andrie Ekayana dan Koko Heru Setyo Nugroho. Timnas dimanajeri Andy Poedjakesuma.

“Kita panggil para pemain muda terbaik yang ada. Mereka pun akan dilibatkan di kompetisi IBL akan memiliki jam terbang dan skill mereka merapat dengan para seniornya,” ucap Batam, panggilan Andy Poedjakesuma, dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (13/10).

Para pemain itu berasal dari 15 Pengprov seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Bali, Kalbar, Kalsel, Bangka Belitung, Sumut, Sulut, NTB, Riau, Kep. Riau dan Papua. 

Beberapa pemain muda pernah berlatih bersama dengan Timnas Senior seperti Derrick Michael & Ali Bagir (DKI Jakarta), Yudha Saputera (Jawa Barat) dan M. Arighi (Kalimantan Selatan). 

Beberapa pemain lainnya telah pernah berlaga di IBL, seperti Tifan Eka Pradita (Jawa Tengah), Dio Tirta Saputra (Jawa Timur) serta Antoni Erga & Alexander Franklin (Bangka Belitung).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement