Senin 02 Nov 2020 02:43 WIB

Bekap Napoli, Sassuolo Pepet Milan di Puncak Serie A

Sassuolo mengalahkan Napoli di San Paolo dengan skor akhir 2-0.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani
Striker Napoli, Victor Osimhen (kanan) melakukan tendangan akrobatik dikawal bek Sassuolo pada laga Serie A di San Paolo, Senin (2/11) dini hari WIB. Napoli kalah 0-2.
Foto: EPA/Cesare Abate
Striker Napoli, Victor Osimhen (kanan) melakukan tendangan akrobatik dikawal bek Sassuolo pada laga Serie A di San Paolo, Senin (2/11) dini hari WIB. Napoli kalah 0-2.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Sassuolo berhasil menggeser Juventus di peringkat kedua klasemen sementara Serie A. I Neroverdi, julukan Sassuolo, sukses membawa pulang tiga angka dalam lawatan ke markas Napoli, Stadion San Paolo, usai membekuk tuan rumah, 2-0, Senin (2/11) dini hari WIB.

Kemenangan Sassuolo di laga pada pekan keenam Serie A itu ditorehkan via gol yang masing-masing dicetak Manuel Locatelli dan Maxine Lopez. Berkat kemenangan ini, Sassuolo merangsek ke peringkat kedua klasemen sementara dan hanya terpaut dua poin dari AC Milan, yang kokoh di puncak klasemen dengan torehan 16 poin dari enam laga.

Baca Juga

Sedangkan buat I Partenopei, kekalahan ini mengakhiri kemenangan beruntun di dua laga di pentas Serie A sebelumnya. Tidak hanya itu, ini juga menjadi kekalahan pertama Napoli di Stadion San Paolo di pentas Liga Italia musim ini.

Dengan modal kemenangan 1-0 atas Real Sociedad di pentas Liga Europa, tengah pekan ini, Napoli menerima lawatan Sassuolo. Victor Osimhen dipercaya sebagai ujung tombak serangan I Partenopei. Osimen ditopang tiga gelandang serang sekaligus, Mateo Politano, Driers Mertens, dan Hirving Lozano. Namun, Napoli tidak diperkuat Lorenzo Insigne lantaran mengalami cedera.

Sementara tim tamu datang dengan komposisi pemain-pemain terbaiknya. Manuel Locatelli kembali mengawal lini tengah. Pun dengan kehadiran penyerang berusia 23 tahun, Jeremie Boga, di lini serang I Neroverdi.

Pada babak pertama, tim tuan rumah langsung mengambil inisiatif serangan dan terus mengepung pertahanan tim tamu. Sedangkan Sassuolo lebih memilih bertahan dan mengandalkan serangan balik cepat. Sejumlah peluang didapatkan Napoli lewat aksi dari Osimhen. Salah satunya pada menit ke-11. Striker asal Nigeria itu melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti.

Namun, upaya Osimhen itu masih bisa dihalau oleh AnOmsihen itu masih bisa dihalau kiper Sassuolo, Andrea Consigli. Tidak hanya itu, berbagai gelombang serangan pun terus dilancarkan tim besutan Gennaro Gatusso itu pada sepanjang babak pertama. Bahkan, Napoli tercatat mengemas lebih dari 10 tembakan pada sepanjang babak pertama. Kendati begitu, solidnya pertahanan Sassuolo membuat babak pertama berujung tanpa adanya gol.

Memasuki babak kedua, Napoli tidak mengubah gaya permainan. Serangan lewat sisi sayap, dilengkapi dengan umpan-umpan terobosan via lapangan tengah, terus diperagakan oleh para penggawa I Partenopei. Meski mampu menguasai jalannya laga, tapi justru gawang Napoli yang kebobolan lebih dulu.

Adalah gol penalti dari Manuel Locatelli, yang mampu merobek gawang Napoli, yang dikawal David Ospina. Pelanggaran Giovani di Lorenzo terhadap Giacomo Raspadori pada menit ke-59 membuat wasit menunjuk titik putih. Locatelli mengarahkan bola ke pojok kiri bawah, sementara Ospina bergerak ke arah sebaliknya. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan tim tamu pun terus bertahan hingga memasuki masa injury time babak kedua.

Napoli sebenarnya sempat memiliki peluang emas untuk bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-70. Mertens, yang menerima umpan crossing dari Politano, gagal memanfaatkan peluang tersebut. Upaya Mertens itu masih melebar dari gawang Sassuolo. Pada 10 menit akhir laga, Napoli terus mengepung pertahanan Sassuolo.

Terus menekan, Napoli malah kecolongan pada menit ke-94. Sebuah serangan balik cepat yang dibangun Sassuolo berbuah maksimal. Maxime Lopez lepas dari pengawalan para pemain Napoli dan merangsek ke kotak penalti Napoli. Setelah melewati tiga pemain Napoli, Lopez melepaskan tembakan tanpa bisa dihalau Ospina. Gol itu pun sekaligus menutup laga di Stadion San Paolo tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement