Selasa 03 Nov 2020 15:48 WIB

Eks Pelatih Barcelona: Messi Susah Diatur

Messi pernah mengalami salah satu musim terburuk dalam kariernya dengan Setien

Rep: Fitriyanto/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih Barcelona Quique Setien.
Foto: EPA-EFE/ENRIC FONTCUBERTA
Pelatih Barcelona Quique Setien.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Mantan pelatih Barcelona Quique Setien merefleksikan waktunya bersama klub Catalan sambil menjelaskan secara detail tentang bagaimana sikap Lionel Messi di dalam ruang ganti.

Sebelum kedatangan Ronald Koeman, Barcelona berada di bawah Setien. Selama menjadi manajer klub, tim kehilangan gelar La Liga diambil Real Madrid.

Bahkan, Messi pernah mengalami salah satu musim terburuk dalam kariernya dengan Setien sebagai pelatihnya. Dalam wawancara baru-baru ini dengan El Pais, Setien membahas masalah tersebut dan mengungkap situasi sebenarnya antara dia dan Messi.

Menurut pelatih berusia 62 tahun itu, kapten Barcelona itu memang pemain terhebat di dunia. Tapi bertentangan dengan apa yang diyakini banyak orang, Setien mengungkapkan bahwa Messi "sulit diatur" sebagai pemain.

"Saya pikir Messi adalah yang terbaik sepanjang masa," katanya. "Ada banyak pemain hebat lainnya yang menjadi hebat, tetapi kontinuitas yang dimiliki anak ini selama bertahun-tahun belum dimiliki oleh siapa pun.” lanjutnya dilansir ibtimes Selasa (3/11).

"Leo [Messi] sulit untuk diatur," lanjut Setien. "Siapa saya untuk mengubahnya! Jika mereka telah menerimanya apa adanya selama bertahun-tahun dan tidak mengubahnya." Tambahnya.

Messi jarang menghibur media untuk membicarakan isu di dalam dan di luar Barcelona.  Setien menegaskan sifat pemain Argentina yang disebutkan di atas, tetapi juga mengungkapkan bahwa meskipun "pendiam", pemain memiliki cara untuk membuat orang tahu bagaimana dia ingin keadaan turun.

Setien menambahkan, "Dia sangat pendiam tapi dia membuatmu melihat hal-hal yang dia inginkan," dia mengungkapkan. "Dia tidak banyak bicara."

Setien kemudian mengungkap bahwa selain Messi, ada faktor lain di Barca yang membuat situasi "jauh lebih sulit" untuk ditangani.

Pelatih veteran itu bahkan menyamakan cerita latar mantan klubnya dengan Michael Jordan dan pengungkapan Chicago Bulls dalam dokuseri ESPN, "The Last Dance".

“Ada segi lain di luar hanya pemain dan itu lebih sulit untuk dikelola,” kata mantan bos Real Betis itu. 

“Jauh lebih sulit. Itu adalah sesuatu yang melekat pada banyak atlet yang dapat dilihat dalam film dokumenter Michael Jordan ("The Last Dance"). Anda melihat hal-hal yang tidak Anda harapkan.”

Barcelona berpisah dengan Setien Agustus lalu setelah kekalahan memalukan dari juara Bundesliga Bayern Munich di Liga Champions UEFA.

Pemecatan itu membuat Setien menjadi pelatih Barca kedua yang dipecat pada tahun yang sama.  Beberapa hari setelah kepergiannya, klub mengonfirmasi pengangkatan Koeman sebagai manajer baru.

Melihat ke belakang, Setien mengaku bisa lebih baik bersama Barcelona. "Setelah meninggalkan apa yang saya jelaskan adalah bahwa pada waktu-waktu tertentu saya seharusnya membuat keputusan lain, tetapi ada sesuatu di atas Anda - klub," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement