Selasa 10 Nov 2020 21:36 WIB

Ini Kalender Resmi F1 Musim 2021

F1 merilis kalender musim 2021 yang akan menggelar 23 seri balapan.

F1 merilis kalender musim 2021 yang akan menggelar 23 seri balapan (Foto: ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/PETER STEFFEN
F1 merilis kalender musim 2021 yang akan menggelar 23 seri balapan (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Formula 1 (F1) pada Selasa (10/11), merilis kalender musim 2021 yang akan menggelar 23 seri balapan. Seri tersebut termasuk debut Arab Saudi, dan kembalinya Brazil sebagai tuan rumah.

Akan tetapi, Vietnam, yang seharusnya menggelar Grand Prix untuk pertama kalinya April lalu, tidak masuk ke dalam kalender. Absennya Vietnam dikaitkan dengan masalah domestik.

Baca Juga

Pihak Formula 1 tidak memberikan alasan atau menyebut Vietnam dalam pernyataan mereka. Namun, mengosongkan slot untuk tanggal 25 April. Seperti dilaporkan AFP, Selasa, keraguan Vietnam menjadi tuan rumah Grand Prix menguat setelah Nguyen Duc Chung, Wali Kota Hanoi, ditangkap karena tuduhan korupsi pada Agustus.

F1 belum pernah menggelar balapan lebih dari 21 seri dalam satu musim. Mereka berharap, dengan kalender terabru ini, bisa membawa kembali para penggemar ke sirkuit. Pasalnya, 17 seri pada musim 2020 ini terdampak pandemi COVID-19 dan digelar tanpa penonton.

"Kami merencanakan ajang 2021 bisa digelar mendekati normal dan berharap kesepakatan kami dihormati," kata CEO Formula 1, Chase Carey, seperti dikutip Reuters, Selasa.

Musim 2021 akan dimulai dengan Grand Prix Australia di Melbourne pada 21 Maret, kemudian diikuti dengan balapan di Bahrain satu pekan kemudian. Abu Dhabi akan kembali menggelar seri pemungkas pada 5 Desember.

Arab Saudi, dengan jadwal balapan malam hari pada 28 November di Jeddah, akan menjadi negara ke-33 yang menjadi tuan rumah balapan F1. Sementara itu, sirkuit Interlagos di Sao Paulo, Brazil, mendapat slot 14 November. Namun, masih menungggu kesepakatan kontrak baru, seperti halnya Sirkuit Barcelona yang dijadwalkan untuk GP Spanyol pada 9 Mei.

F1 berencana memindahkan balapan ke sirkuit baru di Rio. Namun, rencana pembangunan sirkuit di kota itu menuai kontroversi terkait dengan isu lingkungan hingga pengerjaannya belum dimulai. Rusia, Singapura, dan Jepang juga akan menjadi bagian dari rentetan tiga balapan beruntun yang berlangsung pada 26 September, 3 Oktober, dan 10 Oktober.

photo
Pembalap Mercedes Valttrei Bottas dari Finlandia mengemudikan mobilnya selama Grand Prix Formula Satu Emilia Romagna, di arena pacuan kuda Enzo dan Dino Ferrari, di Imola, Italia, Minggu, 1 November 2020. - (AP/Miguel Medina/AFP Pool)

Berikut kalender provisional F1 2021

21 Maret – Australia (Melbourne)

28 Maret – Bahrain (Sakhir)

11 April – China (Shanghai)

25 April – Belum ditentukan

9 Mei – Spanyol (Barcelona)*

23 Mei – Monako (Monako)

6 Juni – Azerbaijan (Baku)

13 Juni – Kanada (Montreal)

27 Juni – Prancis (Le Castellet)

4 Juli – Austria (Spielberg)

18 Juli – Inggris Raya (Silverstone)

1 Agustus – Hungaria (Budapest)

29 Agustus– Belgia (Spa)

5 September – Belanda (Zandvoort)

12 September – Italia (Monza)

26 September – Rusia (Sochi)

3 Oktober – Singapura (Singapore)

10 Oktober – Jepang (Suzuka)

24 Oktober – Amerika Serikat (Austin)

31 Oktober – Meksiko (Mexico City)

14 November – Brazil (Sao Paulo)*

28 November – Arab Saudi (Jeddah)

5 Desember – Abu Dhabi (Abu Dhabi)

*Tergantung kontrak

sumber : Reuters/Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement