Rabu 11 Nov 2020 19:54 WIB

Ramos Menatap Rekor Baru di Timnas Spanyol

Ramos sudah 175 kali tampil membela timnas Spanyol.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Bek Spanyol, Sergio Ramos.
Foto: EPA-EFE/Philipp Guelland
Bek Spanyol, Sergio Ramos.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sergio Ramos akan mencatatkan penampilannya yang ke-176 untuk timnas Spanyol jika dimainkan dalam laga persahabatan melawan Belanda di Amsterdam, Kamis (12/11) dini hari WIB. Ia akan menyamai rekor Eropa yang saat ini dipegang oleh kiper Italia Gianluigi Buffon.

Ramos juga punya dua peluang besar tahun ini untuk melampaui kiper veteran tersebut dengan pertandingan UEFA Nations League. Spanyol akan melawan Swiss pada 15 November, dan menjamu Jerman di kandang pada 18 November untuk membuat rekornya sendiri.

Baca Juga

emungkinan besar Ramos tidak akan menjadi starter saat melawan Belanda. Namun mengingat bahwa pertandingan di Amsterdam merupakan pertandingan persahabatan, Luis Enrique mungkin akan memberi kesempatan bagi Ramos untuk bermain.

Dikutip dari AS, Rabu (11/11), menurut statistik resmi FIFA, jika ia tampil malam ini dan Ahad, Ramos akan bermain 177 kali untuk Spanyol. Di tingkat global ini akan membuatnya sejajar dengan pemain Meksiko Claudio Suarez.

Sementara rekor global keseluruhan untuk pemain internasional paling sering tampil dipegang oleh Ahmed Hassan dari Mesir dengan 184 penampilan. Berikutnya ada Ahmed Mubarak dari Oman (179), serta Muhamed Al-Deayea dari Arab Saudi dan Bader Al-Mutawa dari Kuwait dengan 178 caps.

Ramos mengenakan jersey merah Spanyol untuk pertama kalinya sebagai pemain internasional pada Maret 2005 ketika Spanyol melawan China dalam pertandingan persahabatan di Salamanca. Selama waktunya bersama La Roja, pemain berusia 34 tahun itu telah memenangkan satu Piala Dunia dan dua Piala Eropa.

Niat Ramos adalah bermain untuk tim Spanyol hingga Piala Dunia Qatar 2022. Dia diperkirakan mengumumkan pengunduran dirinya secara internasional selepas kejuaraan tersebut. Pada tahap tersebut, sang bek bisa saja mencatatkan lebih dari 200 penampilan internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement