Selasa 17 Nov 2020 19:40 WIB

Empat Pemain dengan Gaya Bermain Seperti Luis Figo

Sebelum pensiun, Luis Figo dikenal sebagai pemain sayap kanan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko
Luis Figo
Foto: AP/Matt Dunham
Luis Figo

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Setidaknya ada empat pemain yang memiliki gaya permainan yang mirip dengan gaya permainan mantan bintang timnas Portugal, Luis Figo, saat masih tampil di atas lapangan hijau. Penilaian ini pun diungkapkan langsung oleh Figo dalam sebuah wawancara dengan Marca.

Sejak mengawali karier di Sporting Lisbon pada 1989, hingga akhirnya pensiun di Inter Milan pada 2009, Figo dikenal sebagai pemain sayap kanan. Meski pada penghujung kariernya, Figo sempat ditempatkan sebagai gelandang serang dan beroperasi di depan kotak penalti lawan, tapi eks pemain Barcelona itu tetap dikenang sebagai salah winger terbaik yang pernah dimiliki Portugal.

Baca Juga

Figo, dengan kemampuan olah bola dan teknik mumpuni, kerap mengawali serangan dan menebar ancaman di pertahanan lawan via penetrasi dari sisi kanan lapangan. Figo pun menilai, pada saat ini, ada sejumlah pesepakbola yang memiliki kemiripan dengan gaya permainannya. Eks pemain Real Madrid itu mengaku begitu terkesan dengan gaya permainan winger Barcelona, Ousmane Dembele.

''Jika Anda bertanya kepada saya, siapa pemain yang paling mirip dengan saya pada saat ini, maka saya begitu terkesan dengan (Ousmane) Dembele. Mungkin dia sedikit nasib sial dengan cederanya, tapi dia mempunyai potensi yang besar,'' tutur Figo kepada Marca, awal pekan ini.

Namun, bukan hanya Dembele, winger Bayern Muenchen, Serge Gnabry, juga menyedot perhatian Figo. Seperti halnya Dembele, Figo menyebut, Gnabry memiliki potensi yang begitu besar. ''Mereka semua pemain muda, tapi sudah tampil begitu impresif. Mereka memiliki kepercayaan diri yang besar saat harus berhadapan satu lawan satu dengan pemain lawan,'' kata Figo.

Selain itu, peraih gelar Ballon d'Or pada 2000 itu juga menyukai gaya permainan yang diusung winger Barcelona, Ansu Fati, dan pemain sayap Real Sociedad, Chrisian Portu. ''Saya suka dengan gaya permainan para pemain ini. Mereka berani mengambil resiko dan tidak memiliki rasa takut untuk melakukan penetrasi ke mulut gawang. Kehadiran mereka sangat penting buat tim yang mengandalkan pemain sayap,'' ujar Figo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement