Kamis 03 Dec 2020 19:26 WIB

Komentator Ini Nilai Performa Buruk Madrid Efek tak Ada CR7

Kualitas Real Madrid di sepertiga akhir lapangan berkurang tanpa Ronaldo.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Cristiano Ronaldo
Foto: EPA-EFE/FEDERICO PROIETTI
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Komentator olahraga Manolo Lama memberikan analisisnya tentang kekalahan 0-2 Real Madrid atas Shakhtar Donetsk dalam pertandingan Liga Champions, Rabu (2/12) dini hari WIB. Kekalahan tersebut membuat Madrid harus meraih poin pada laga terakhir melawan Borussia Moenchengladbach untuk lolos ke babak 16 besar.

Dilansir dari Marca, Kamis (3/12), Lama berpendapat ketiadaan Cristiano Ronaldo sangat terasa dampaknya terhadap Madrid. Karena itu Lama menyesalkan kepergian CR7, julukan Ronaldo, ke Juventus pada 2018. Bersama Ronaldo, Zinedine Zidane menikmati kejayaan pada periode pertama kepelatihannya.

Kehilangan pemain internasional Portugal itu menjadikan Los Blancos harus melalui jalan rumit agar lolos ke fase gugur. Madrid harus membayar harga mahal dengan kurangnya kualitas di sepertiga akhir lapangan tanpa Ronaldo.

“Sekarang mereka harus mengalahkan Moenchengladbach di pertandingan terakhir atau mendapatkan satu poin lebih banyak dari Shakhtar,” kata Lama.

Zidane mengalami masalah sepanjang musim ini. Madrid tak konsisten, baik di level domestik maupun Eropa.

Menurut Lama, Zidane belum menemukan solusi apapun atas masalah yang dihadapi saat ini. Ia bahkan menyebut saat ini merupakan saat tersulit yang dihadapi Zidane sebagai pelatih Madrid.

Madrid duduk di posisi ketiga klasemen grup dengan tujuh poin, sama dengan Shakhtar di urutan kedua. Sedangkan Moenchengladbach bertengger di urutan teratas dengan delapan poin. Namun Inter Milan yang berada di posisi buncit masih memiliki peluang lolos ke babak 16 besar meski sangat tipis.

Di La Liga Spanyol, Sergio Ramos dan kawan-kawan juga kesulitan. MAdrid berada di urutan keempat dengan mengumpulkan 17 poin. Madrid tertinggal tujuh poin dari pemuncak klasemen, Real Sociedad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement