Senin 07 Dec 2020 09:49 WIB

Para Fan di Inggris Senang Bisa Kembali ke Stadion

Fan secara langsung ke stadion untuk pertama kalinya sejak lockdown Maret 2020 lalu.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Liverpool Juergen Klopp di Stadion Anfield di Liverpool, Inggris.
Foto: AP/Peter Powell/Pool EPA
Pelatih Liverpool Juergen Klopp di Stadion Anfield di Liverpool, Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, MERSEYSIDE -- Kemenangan Liverpool 4-0 atas Wolverhampton Wanderers dalam pertandingan Liga Primer Inggris, di Anfield, Senin (7/12) dini hari WIB begitu istimewa. Pasalnya, permainan Liverpool disaksikan fan secara langsung di stadion untuk pertama kalinya sejak lockdown Maret 2020 lalu karena Covid-19.

Fan Tottenham Hotspur juga bisa menyaksikan langsung timnya merebut puncak klasemen dari Chelsea usai menang 2-0 atas Arsenal. Tak hanya di sepak bola, fan yang datang langsung ke stadion terjadi pada pertandingan rugby Inggris yang memenangkan laga melawan Prancis dengan skor 22-19.

Fan rugby Inggris bisa menyaksikan timnya menjuarai Piala Musim Gugur perdana. Meski baru dua ribu fan yang diperbolehkan hadir ke stadion, hal itu disambut sangat menggembirakan oleh klub dan fan.  

Fan Liverpool menyambut kedatangan tim jelang pertandingan dengan teriakan ‘Bawa Sang Juara’ dengan para pemain disuguhi nyanyian ‘You’re Never Walk Alone’. Fan bersuka cita karena terakhir kali laga Liverpool dihadiri suporter saat kalah 2-3 dari Atletico Madrid pada pertandingan Liga Champions 11 Maret.

Mantan bek Manchester United Gary Neville yang juga salah satu pemilik tim League, Two Salford, mempertanyakan kebijakan stadion bisa dihadiri dua ribu suporter. Kritik itu berangkat dari kapasitas kecil stadion yang dimiliki Salford.

Neville membandingkan kapasitas kandang Manchester United Old Trafford yang bisa menampung 75 ribu orang. Dan jika hanya diisi dua ribu orang, maka bisa memberlakukan jarak aman antara fan. Tetapi di Salford hanya mampu menampung 1.200 orang. “Jadi sekali lagi ini pendekatan membingungkan, kurangnya pendekatan yang dipesan lebih dahulu untuk situasi berbeda,” jelasnya.

Liga Super Wanita menyambut baik diperbolehkannya suporter ke stadion. Kemenangan Chelsea 3-2 atas West Ham yang dihadiri 1.230 fan merupakan pertandingan papan atas wanita pertama yang dimainkan di hadapan fan sejak 734 orang menyaksikan Arsenal mengalahkan West Ham United 9-1 di Chigwell Construction Stadium September lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement