Jumat 11 Dec 2020 20:45 WIB

Robert: Pemain Jangan Asal Terima Tawaran Klub Luar

Bukan hanya sekadar tampil di luar negeri, pemain harus bisa meraih posisi tepat.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.
Foto: Dok. Persib
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, membalas komentar negatif soal penolakan pemainnya, Febri Hariyadi, atas tawaran klub asal Thailand. Robert menyebut jangan asal menerima tawaran klub luar.

Robert memberikan saran bagi pemain yang mendapat tawaran bermain di luar negeri. Pertama adalah duduk bersama berdiskusi soal klub tersebut.

"Mari duduk bersama dan berbincang soal negara mana dan klub apa yang memberikan tawaran," kata Robert, Kamis (10/12).

Robert mencontohkan ketika masih memimpin PSM Makassar pada 2018 lalu. Saat itu pemainnya, Ferdinand Sinaga, mendapat tawaran bermain di klub asal Malaysia, Kelantan.

Sebagai pelatih yang sudah mengenal karakter Ferdinand di dalam dan di luar lapangan, Robert pun meminta Ferdinand berpikir ulang. Bahkan dia memperingatkan bahwa Ferdinand tidak akan lama bermain di sana.

"Saya katakan dengan jelas kepada Ferdinand bahwa dia tidak akan lama bermain di sana karena saya tahu sepak bola Malaysia," kata Robert.

Namun Robert tetap membuka pintu PSM untuk Ferdinand agar dia bisa kembali kapan saja. Terbukti, baru tiga bulan Ferdinand pun kembali ke Makassar.

"Dia menghubungi saya dan bertanya apakah dia bisa kembali karena tidak bisa bekerja dengan baik di Malaysia. Bisa dilihat beberapa pemain Indonesia mencoba pergi ke Malaysia tapi mereka sudah kembali kurang lebih satu musim saja," kata Robert.

Namun Ferdinand hanya satu dari berbagai kisah pemain Indonesia yang berkarir di luar negeri. Robert pun menyebut nama Bambang Pamungkas sebagai contoh pemain yang sukses berkiprah di luar negeri.

"Bambang pergi ke Selangor dan punya reputasi bagus. Selain dia pemain yang bagus, dia juga punya kepribadian bagus dan mudah menyesuaikan diri dengan pemain dan lingkungan yang sulit," kata Robert.

Robert pun melakukan hal yang sama dalam kasus Febri. Keduanya berdiskusi mengenai tawaran klub tersebut dan hasilnya adalah Febri urung untuk pergi ke Thailand.

"Jadi itu hal yang rumit, bukan hanya pergi ke suatu tempat, tapi bagaimana juga memilih tempat yang tepat ke mana kamu pergi dalam sudut pandang karier. Jadi Febri sudah sangat jelas bahwa dia tidak ingin meninggalkan Persib dalam tahap kariernya sekarang untuk pergi ke Thailand," kata Robert.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement