Sabtu 12 Dec 2020 00:01 WIB

Verstappen Tercepat di Latihan Perdana GP Abu Dhabi

Usai dinyatakan negatif, Hamilton kembali ke Abu Dhabi dan menjadi pembalap tercepat

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pebalap Red Bul, Max Verstappen
Foto: Hamad Mohammed, Pool via AP
Pebalap Red Bul, Max Verstappen

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI --  Pembalap Formula 1 (F1) dari tim Red Bull, Mac Verstappen, mencatatkan waktu tercepat dalam sesi latihan pembuka di GP Abu Dhabi pada Jumat (11/12) waktu setempat. Latihan perdana ini pun menjadi latihan perdana bagi Hamilton dengan Mercedes.

Dilansir dari laman ESPN, Jumat (11/12), Hamilton absen di GP Sakhir setelah dinyatakan positif terjangkit Covid-19 di Bahrain. Usai dinyatakan negatif, Hamilton kembali ke Abu Dhabi dan menjadi pembalap tercepat kelima.

Verstappen mencatatkan waktu terbaiknya 1:37,378, lebih cepat 0,034 detik dari rekan satu tim Hamilton, Valtteri Bottas. Red Bull pun berharap bisa melawan juara dunia untuk musim terakhir 2020 ini.

Sementara itu pembalap Renault, Esteban Ocon mencatatkan namanya sebagai pembalap tercepat ketiga dengan berbeda 1,1 detik dari Verstappen dan 0,032 detik di depan pembalap Red Bull, Alex Albon.

Hamilton tertinggal 1,3 detik dari posisi pertama. Perbedaannya berada di penggunaan ban kompon keras oleh Hamilton dan empat besar menggunakan ban lunak.  Hamilton pun kehilangan waktu trek selama 20 menit di awal sesi setelah rem depannya tampak menyala selama lap pertama. Hal itu menyebabkan suhu mesin menjadi terlalu tinggi dan terpaksa kembali ke garasi.

Dua pembalap dari Racing Point, Sergio Perez dan Lance Stroll mencatatkan posisi keenam dan ketujuh. Namun posisi itu tidak terlalu menguntungkan karena komponen unit mesin baru akan dipasang pada akhir pekan, sehingga dia harus mulai dari posisi belakang. 

Perez sendiri akan ditemani oleh Kevin Magnussen yang mendapatkan penalti grid. Penalti tersebut diberikan karena mobilnya dikendarai oleh pembalap Haas musim 2021, Mick Schumacher dalam latihan pembukaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement