Selasa 15 Dec 2020 13:37 WIB

Direktur Teknik Arsenal Suarakan Dukungan untuk Arteta

Mikel Arteta dinilai sedang dalam jalur membangun sebuah tim yang kompetitif.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Arsenal Mikel Arteta.
Foto: AP/Glyn Kirk/Pool AFP
Pelatih Arsenal Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kekalahan 0-1 dari Burnley pada pekan ke-12 Liga Primer Inggris, akhir pekan lalu, menandai performa terburuk Arsenal di pentas Liga Primer Inggris, terutama dari catatan laga kandang. The Gunners menelan empat kekalahan beruntun di partai kandang di kancah Liga Primer Inggris sejak 1959.

Namun, rekor ini pecah saat tim asal London Utara itu dipermalukan Burnley di Stadion Emirates. Dari enam laga kandang yang telah dilakoni di awal Liga Primer Inggris, Arsenal menelan kekalahan beruntun di empat partai kandang terakhir. Catatan buruk performa di partai kandang ini pun seolah melengkapi performa mengecewakan the Gunners di pentas Liga Primer Inggris musim ini.

Juara Piala FA musim lalu itu hanya bisa memetik satu poin dari lima laga terakhir. Imbasnya, Arsenal terpuruk di peringkat ke-15 klasemen sementara dan hanya terpaut lima poin dari zona degradasi. Keterpurukan the Gunners ini pun memicu rumor berakhirnya kiprah pelatih asal Spanyol, Mikel Arteta.

Namun, Direktur Teknik Arsenal, Edu Gaspar, menegaskan, pihak klub tetap mendukung semua langkah yang diambil Arteta. Mantan gelandang Arsenal itu pun menyebut, Arteta telah membawa the Gunners berada dalam jalur yang tepat, terutama dalam membangun sebuah tim yang kompetitif.

''Mikel melakukan pekerjaan luar biasa. Memang normal dan mudah menilai semuanya hanya berdasarkan raihan hasil. Namun, saya melihat masa depan tim ini dan yang tengah kami lakukan hari per hari. Semuanya berada dalam jalur yang tepat dan berjalan sesuai dengan yang diinginkan,'' ujar Edu seperti dilansir BBC, Selasa (15/12).

Mantan penggawa timnas Brasil itu pun menyebut, salah satu tonggak keberhasilan Arteta di Arsenal adalah kepercayaannya kepada para pemain muda the Gunners. Menurutnya, pemain muda Arsenal saat ini sudah langsung bisa bersaing di tim utama Arsenal. ''Karena itu, saya melihat masa depan yang indah dan cerah. Mungkin sedikit aneh mengatakannya pada kondisi saat ini, tapi saya harus adil dan itulah yang saya lihat,'' jelas Edu.

Arteta dipercaya membesut Arsenal pada November 2019. Pada saat itu, mantan asisten Pep Guardiola di Manchester City itu ditunjuk menggantikan Unai Emery. Saat ditangani Arteta, the Gunners tercatat mengalahkan Manchester City dan Chelsea dalam upaya merengkuh titel Piala FA musim lalu.

Tidak hanya itu, Arsenal juga berhasil mengalahkan Liverpool di ajang Liga Primer Inggris, Piala Liga Inggris, dan Communty Shields. Pun dengan keberhasilan membawa the Gunners melangkah ke babak 32 besar Liga Europa musim ini dengan rekor kemenangan sempurna di fase penyisihan grup.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement