Selasa 15 Dec 2020 18:17 WIB

Eks Striker Tottenham: Saatnya Spurs Raih Gelar Juara

Gelar juara musim ini jauh lebih penting ketimbang finis di posisi empat Liga Primer.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Teddy Sheringham.
Foto: AP Photo/Jean-Christophe Bott
Teddy Sheringham.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan striker Tottenham Hotspur, Teddy Sheringham, menyatakan, sudah saatnya buat the Lilywhites untuk bisa mengakhiri paceklik gelar juara pada musim ini. Raihan gelar juara musim ini, kata Sheringham, jauh lebih penting ketimbang keberhasilan finis di peringkat empat klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Masih berpartisipasi di empat kompetisi berbeda, Spurs memiliki peluang untuk bisa meraih titel juara pada musim ini. Di pentas Piala Liga, tim asal London Utara itu telah berhasil memastikan satu tempat di babak semifinal. Sementara di Piala FA, Spurs akan tampil di putaran keempat. Sedangkan di Liga Europa, Spurs telah melangkah ke babak 32 besar.

Tidak hanya di tiga kompetisi itu, Harry Kane dan kawan-kawan juga dijagokan untuk bisa berbicara banyak di arena perburuan gelar juara Liga Primer musim ini. Hingga Liga Primer telah menuntaskan pekan ke-12, Spurs berada di puncak teratas klasemen sementara dengan koleksi 25 poin dan unggul jumlah selisih gol dari Liverpool.

Sheringham pun menilai, Spurs memiliki momentum untuk bisa mengakhiri paceklik gelar juara, yang telah terentang sejak musim 2007/2008. Trofi Piala Liga musim 2007/2008 menjadi trofi terakhir yang diraih the Lilywhites.

Sheringham bahkan menyebut, raihan gelar juara pada musim ini jauh lebih penting ketimbang target finis di empat besar Liga Primer dan tampil di Liga Champions musim depan. Sudah terlalu lama suporter setia the Lilywhites tidak melihat tim kesayangannya mengangkat trofi.

''Buat para pemegang saham Tottenham, mereka mungkin mengatakan bisa tampil di Liga Champions musim ini adalah target buat Spurs. Namun, buat para pendukung Spurs, semuanya soal raihan trofi. Seharusnya, Anda harus bisa mulai meraih gelar juara pada musim ini,'' ujar Sheringham kepada CardsChat, Selasa (17/12).

Striker yang berseragam Spurs pada 1992 hingga 1997 itu menegaskan, raihan gelar juara pada musim ini memiliki arti penting untuk kembali mengangkat gengsi the Lillywhites. Apalagi, jika dibandingkan rival sewilayahnya, Arenal, Spurs begitu tertinggal dalam koleksi raihan trofi. Arsenal mampu memetik empat gelar juara Piala FA dalam tujuh musim terakhir.

Meski di atas lapangan, Spurs bisa mengalahkan Arsenal, termasuk dengan kemenangan 2-0 di edisi perdana derbi London Utara musim ini, tapi the Lillywhites selalu kalah pamor saat berbicara soal raihan trofi. ''Para pendukung Arsenal selalu berkata, 'Mungkin mereka tampil bagus pada musim ini, tapi di mana trofi mereka?' Akhirnya, itu (raihan trofi) yang dibutuhkan Spurs pada musim ini,'' jelas mantan striker timnas Inggris yang pernah mengabdi buat Manchester United.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement