Rabu 16 Dec 2020 06:46 WIB

Preview Liverpool vs Spurs; Bentrok Pemuncak Klasemen

Preview, prediksi susunan pemain, head to head, data & angka.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Jose Mourinho (Tottenham Hotspur/kiri) dan Juergen Klopp (Liverpool)
Foto: Republika.
Jose Mourinho (Tottenham Hotspur/kiri) dan Juergen Klopp (Liverpool)

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pekan ke-13 Liga Primer Inggris mempertemukan Liverpool dan Tottenham Hotspur di Anfield, Kamis (17/12) dini hari WIB. Tiga poin menjadi hal mutlak demi memantapkan diri berada di puncak tertinggi klasemen. 

Liverpool dan Spurs sama-sama mengantongi 25 poin dari 12 pekan pertandingan. Catatan tujuh kemenangan, empat hasil imbang, dan satu kali kalah membuat kedua kubu bertengger di urutan dan kedua klasemen sementara Liga Primer Inggris. 

Setelah keduanya memperoleh hasil imbang 1-1 di laga masing-masing pekan lalu, mereka tentu tidak ingin hal serupa kembali terjadi. Apalagi, Liverpool memiliki rekor apik jika berlaga di kandang. 

Skuad The Reds sudah memenangkan 31 dari 32 pertandingan terakhir di Anfield plus mencetak 93 gol. Rekor tak terkalahkan pun masih bertahan di angka 65 pertandingan. 

Mengingat Spurs yang sedang impresif awal musim ini, rekor yang digenggam Liverpool tidak bisa dibilang dalam posisi aman. Terlebih lagi, tim besutan Juergen Klopp itu sedang diterpa badai cedera. 

Liverpool memasang Jordan Henderson dan Fabinho setelah Joel Matip mengeluh sakit pada punggungnya. Kendati demikian, Klopp optimistis pemain asal Kamerun itu sudah bisa tampil melawan Spurs. 

"Joel (Matip) mengalami masalah di punggungnya. Kami akan lihat lagi. Dia akan dirawat dan dipantau. Saya berpikir dia akan segera pulih untuk (melawan Spurs) nanti," kata Klopp seperti dilansir Liverpool Echo, Selasa (15/12). 

Cederanya Matip menambah panjang barisan penggawa The Reds yang harus menepi. Mereka adalah Diogo Jota, Naby Keite, Kostas Tsimikas, Virgil van Dijk, Thiago Alcantara, Joe Gomez, James Milner dan Xherdan Shaqiri. 

Hal ini tentu bisa dimanfaatkan oleh Spurs yang berbekal sembilan pertandingan tandang tidak terkalahkan. Duet Son Heung-Min dan Harry Kane yang sedang moncer di lini depan dapat mempersulit barisan pertahanan Liverpool. 

Son dan Kane sudah menghasilkan 12 gol bersamaan. Jika bertambah satu lagi, maka rekor 13 gol yang dicetak duet Alan Shearer dan Chris Sutton musim 1994/95 akan pecah. Kane sudah terlibat dalam 19 gol dari 12 pertandingan Liga Primer musim ini. 

Persoalan cedera juga tidak terlalu menghantam skuad The Lilywhites. Hanya Erik Lamela yang hampir dipastikan bakal absen ikut rombongan ke kota Liverpool. Sedangkan Gareth Bale yang tidak tampak di bangku cadangan saat menghadapi Crystal Palace, akhir pekan lalu, diharapkan bisa hadir. 

"Dia (Gareth Bale) hanya demam. Ini bukan karena Covid-19 atau flu yang bmengharuskan istirahat sepekan penuh. Kami percaya dia akan baik-baik saja untuk (melawan Liverpool) nanti," ujar Mourinho seperti dikutip AS. 

Kendati demikian, Mourinho memiliki rapor buruk ketika bersua Klopp. Dari lima pertandingan terakhir, ia hanya mampu menahan imbang tiga kali dan sisanya berakhir dengan kekalahan. 

Kemenangan terakhir Spurs melawan Liverpool terjadi pada 2011 lalu. Skor 2-0 dipetik oleh tim yang masih ditangani oleh Harry Redknapp.

Prediksi susunan pemain:

Liverpool

(4-3-3) Alisson; Alexander-Arnold, Matip, Fabinho, Robertson; Henderson, Wijnaldum, Jones; Salah, Firmino, Mane

 

Tottenham Hotspur

 

(4-2-3-1) Lloris; Aurier, Alderweireld, Dier, Reguilon; Sissoko, Hojbjerg; Bergwijn, Ndombele, Son; Kane

 

Lima pertemuan terakhir:

15/09/18 Liverpool (2-1) Tottenham

31/03/19 Liverpool (2-1) Tottenham

01/06/19 Liverpool (2-0) Tottenham

27/10/19 Liverpool (2-1) Tottenham

 

11/01/20 Liverpool (1-0) Tottenham

 

Data dan Angka

5 -- Liverpool selalu menang di lima pertandingan terakhir melawan Spurs

9 -- Tottenham tidak terkalahkan dalam sembilan pertandingan tandang terakhir musim ini

25 -- Kedua tim sama-sama mengoleksi 25 poin di Liga Primer Inggris musim ini sekaligus memimpin klasemen sementara

65 -- Liverpool tidak terkalahkan dalam 65 pertandingan terakhir di kandang

93 -- Liverpool sudah mencetak 93 gol dari 32 pertandingan, 31 di antaranya berbuah kemenangan

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement