Jumat 18 Dec 2020 13:46 WIB

Busquets, di Antara Xavi, Messi, Iniesta, dan Puyol

Busquets sudah membela Barcelona dalam 594 laga dan mencetak 15 gol.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang Barcelona Sergio Busquets.
Foto: EFE/ EPA-EFE/Alejandro Garcia
Gelandang Barcelona Sergio Busquets.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Partai La Liga Spanyol antara Barcelona versus Real Sociedad sudah berlangsung. Barca susah payah menundukkan La Real dengan skor tipis 2-1 di Camp Nou, Kamis (17/12) dini hari WIB.

Para penggawa tuan rumah antusias menyambut hasil tersebut. La Blaugrana berhasil menumbangkan tim yang sebelumnya ada di puncak klasemen.

Rupanya duel tersebut bukan sekadar perjuangan merebut tiga poin bagi Sergio Busquets. Kebetulan pelatih Barcelona, Ronald Koeman, menurunkan gelandang 32 tahun itu.

Dengan demikian, Busquets sudah membela klub raksasa Katalan dalam 594 laga. Ia melewati torehan kapten legendaris Los Cules, Carles Puyol.

"Sangat istimewa mencapai angka ini. Sejak kecil saya telah menjadi penggemar Barcelona. Ini adalah klub saya, tim terbaik dunia," kata pemilik 120 caps tim nasional Spanyol, dikutip dari Marca, Jumat (18/12).

Kini hanya ada tiga sosok yang berada di depan Busquets. Konteksnya tentang jumlah penampilan bersama Los Cules.

Nama pertama Xavi Hernandez. Hingga detik terakhirnya di Camp Nou, Xavi turun di 767 pertandingan di berbagai ajang.

Di tempat kedua ada Lionel Messi dengan 747 laga. Messi berpotensi melewati pencapaian Xavi. Pasalnya La Pulga masih aktif membela klub raksasa Katalan.

Di posisi ketiga ada Andres Iniesta dengan 674 laga. Kemudian Busquets, lalu Puyol.

"Berada dalam sejarah klub bersama para pemain hebat seperti Puyol, Iniesta. Messi, dan Xavi adalah momen yang membanggakan saya," ujar sosok bernomor punggung lima ini.

Ini musim ke-13 Busquets bermarkas di Camp Nou. Sejauh itu, ia tampil dalam 594 laga di berbagai ajang dan mencetak 15 gol. Ia telah meraih segalanya dalam balutan kostum Barcelona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement