Selasa 22 Dec 2020 04:46 WIB

Ketua Harian PB Esport: Esport Cara Anak Muda Dapat Uang

E-sport bisa menjadi pemasukan baru yang menjanjikan di era teknologi 4.0.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Gita Amanda
Esports Star Indonesia.
Foto: Dok. Esp
Esports Star Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Harian Pengurus Besar (PB) E-sport Indonesia, Bambang Sunarwibowo menyebut, game yang dimainkan secara daring atau e-sport menjadi basis yang dapat menguntungkan untuk perekonomian di Indonesia. Bambang meyakini, e-sport bisa menjadi pemasukan baru yang menjanjikan di era teknologi 4.0.

“E-sport adalah gaya baru untuk anak-anak muda sekarang dalam mencari penghasilan. Dampaknya tidak hanya penghasilan tapi akan membuat perputaran perekonomian dunia maupun nasional,” ujar Bambang lewat keterangan tertulis, Senin (21/12).

Bambang menjelaskan, dunia e-sport membuktikan cara pandang anak muda untuk mencari penghasilan tidak melulu harus dengan cara bekerja di kantor. Dengan menjadi pemain game daring profesional, pundi-pundi pemasukan juga akan mengalir dengan sendirinya.

“Karena itu, PB Esport ini adalah wadah untuk anak-anak muda ini menjadi gamers yang potensial dan profesional. Jika sudah begitu, maka mereka juga akan menikmati hasilnya,” kata dia.

Bambang menyatakan akan membantu anak-anak muda di tanah air lewat PB Esport untuk mengeluarkan potensi terbaiknya. “Kita siap untuk mewadahi, menaungi mereka untuk mengeluarkan potensi terbaiknya. Saya yakin anak-anak muda di Indonesia ini punya kemampuan yang luar biasa,” jelas dia.

Sebelumnya, Indonesia secara resmi memiliki Pengurus Besar (PB) Esports. Nantinya, PB Esports akan menjadi wadah bagi asosiasi serta atlet demi meningkatkan prestasi olahraga elektronik itu di kancah internasional. Jenderal Pol (Purnawirawan) Budi Gunawan selaku Ketua Umum PB Esports, mengatakan, pembentukan pengurus ini merupakan langkah awal untuk membangun esports ke arah yang lebih positif.

"Pelantikan ini merupakan momentum untuk membangun esports ke arah yang lebih positif dan diharapkan mampu untuk membawa kemajuan bangsa di berbagai sektor," ujar Budi dalam sambutannya saat pelantikan PB Esports Indonesia, Sabtu (18/1).

Budi yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu juga mengatakan, pihaknya akan segera membuat regulasi yang mengatur esports agar lebih jelas dan terarah. Dengan demikian bisa lebih banyak menorehkan prestasi di level internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement