Sabtu 02 Jan 2021 11:01 WIB

MU Berduka Ditinggal Pergi The Doc

Tommy Docherty menangani MU selama lima musim pada 1970an.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Didi Purwadi
Tommy Docherty
Foto: Twitter Chelsea FC
Tommy Docherty

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan manajer Manchester United dan Skotlandia, Tommy Docherty, meninggal dunia pada usia 92 tahun setelah menderita sakit cukup lama. Keluarga mengumumkannya dalam sebuah pernyataan.

 

Seorang juru bicara keluarga mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dirilis ke kantor berita PA: ''Tommy meninggal dengan damai dikelilingi oleh keluarganya di rumah. Dia adalah suami, ayah dan ayah yang sangat dicintai dan akan sangat dirindukan,'' dikutip dari Football 365, Jumat (1/1).

"Kami meminta privasi kami dihormati saat ini Tidak akan ada komentar lebih lanjut," tambahnya.

MU menyatakan bela sungkawa dan sangat sedih dengan berita itu. Lelaki kelahiran Glasgow yang dikenal dengan sebutan 'The Doc' itu menghabiskan sembilan tahun sebagai pemain dengan Preston. Ia memenangkan 25 caps untuk Skotlandia sebelum kemudian menangani 12 klub.

 

Dia pertama kali mengambil alih Chelsea, memimpin mereka ke Piala Liga 1964-65 sebelum menangani Rotherham, QPR, Aston Villa dan klub Portugal Porto. Docherty kemudian mengambil kendali di Skotlandia tetapi terkenal karena mantra lima tahun di Old Trafford. Ia memenangkan final Piala FA atas Liverpool asuhan Bob Paisley pada 1977.

"Kami sangat sedih dengan meninggalnya Tommy Docherty, yang membawa kami meraih kemenangan Piala FA pada tahun 1977 dengan tim yang menyerang dan mendebarkan dalam tradisi terbaik Manchester United," tulis United mengatakan dalam sebuah pernyataan di Twitter.

"Semua orang di klub mengirimkan belasungkawa yang tulus kepada orang yang dicintai Tommy," tambahnya.

Untuk menggantikan Frank O'Farrell di United pada Desember 1972, Docherty berhenti dari jabatannya di Skotlandia. Ia meninggalkan timnas setelah menempatkan mereka dalam persaingan untuk mencapai Piala Dunia 1974.

Dia kemudian menggambarkan keputusan itu sebagai salah satu penyesalan terbesar. Tetapi, Dicherty tetap dilantik ke Hall of Fame Sepak Bola Skotlandia pada November 2013.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement