Sabtu 02 Jan 2021 21:27 WIB

Bekuk Leeds, Tottenham Naik ke Posisi Tiga Klasemen

Tottenham menaklukkan Leeds United 3-0 di Stadion Tottenham Hotspur.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Toby Alderweireld dari Tottenham, kiri, merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Tottenham Hotspur dan Leeds United di Stadion Tottenham Hotspur di London, Inggris, Sabtu, 2 Januari 2021.
Foto: AP Photo/Ian Walton, Pool
Toby Alderweireld dari Tottenham, kiri, merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol ketiga timnya selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Tottenham Hotspur dan Leeds United di Stadion Tottenham Hotspur di London, Inggris, Sabtu, 2 Januari 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tottenham Hotspur menghentikan rangkaian empat pertandingan tanpa kemenangan di Liga Primer Inggris dengan mengepak tiga poin. Tottenham membekuk Leeds United 3-0 pada laga pekan ke-17 Liga Primer Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Sabtu (2/1) malam WIB.

Kemenangan ini mendongkrak posisi the Lilywhites ke posisi tiga klasemen dengan nilai 29 dari 16 pertandingan. Pasukan Jose Mourinho tertinggal empat poin dari Liverpool dan Manchester United. Sementara Leeds tertahan di posisi 11 dengan nilai 23. Posisi Tottenham dan Leeds bisa berubah karena para pesaing masing-masing belum menjalani laga pekan ke-12.

Baca Juga

Jalannya laga

Tottenham yang diperkirakan akan bermain bertahan menghadapi Leeds yang ofensif mementahkan prediksi tersebut. The Lilywhites langsung menggempur tamunya dan mendapat hadiah tendangan bebas saat Jack Harrison melanggar Mart Doherty pada menit ketiga. Namun tak ada bahaya tercipta ke gawang Leeds.

Semenit kemudian Leeds memberikan ancaman lebih dulu. Ezgjan Alioski melepas tembakan kaki kiri dari arah sebelah kiri kotak 16 Tottenham, ketika menerima operan dari Mateusz Klich. Namun, bola belum menemui sasaran. 

Setelah serangkaian upaya Leeds mencetak gol yang tak membuahkan hasil, Tottenham akhirnya membuka peluang kembali pada menit ke-13 melalui Tanguy Dombele. Tembakan kaki kanan dari luar kotak 16 ketika menerima operan Ben Davies, berhasil dihentikan lini pertahanan Leeds. 

Sejurus kemudian, Leeds langsung melancarkan serangan balik cepat dengan Patrick Bamford segera melepaskan tembakan dari luar kotak 16 ketika mendapat ruang tembak, tapi bola yang mengarah ke gawang berhasil diselamatkan oleh kiper Hugo Lloris. 

Tottenham kemudian melancarkan serangan bertubi-tubi lewat Eric Dier, Harry Kane, dan Pierre-Emile Hojbjerg. Namun Spurs baru bisa membuka keunggulan pada menit ke-27 lewat titik putih. Berawal dari kesalahan operan kiper Illan Meslier, Tottenham mendapatkan bola dan langsung melancarkan serangan. Bola dikirimkan ke Steven Bergwijn di kotak penalti. Alioski yang berusaha merebut bola justru melanggar Bergwijn tepat di tepi kotak penalti. Wasit David Coote tak ragu menunjuk titik putih. Ia kemudian memeriksa kembali lewat VAR untuk memastikan keputusannya benar.

Kane maju mengambil penalti. Sepakan kerasnya ke tengah gawang tak bisa dihentikan Meslier dan membawa Tottenham memimpin 1-0. 

Tottenham menggandakan keunggulan pada menit ke-43 melalui gol Son Heung-min. Umpan silang sempurna Kane disambut tembakan dari jarak dekat ke tiang dekat oleh Son yang menjebol gawang Leeds.

Pada babak kedua, Tottenham langsung menggebrak dan membuat Leeds tertekan. Sejumlah peluang didapatkan Tottenham, tapi baru menit ke-50 mereka menambah keunggulan. Gol diciptakan oleh Toby Alderweireld menyambut sepak pojok Son. Sepak pojok diberikan setelah tembakan keras Tanguy Ndombele dari sebelah kanan kotak 16 diselamatkan oleh Meslier.

Belum puas dengan keunggulan tiga gol, tuan rumah terus menggempur pertahanan Leeds. Tiga menit setelah gol ketiga, Kane melanjutkan umpan dari Son dengan tembakan kaki kiri tapi gagal. Selanjutan, Son pada menit ke-55 juga melakukan percobaan tapi diblok. 

Leeds berusaha memberikan perlawanan. Peluang berhasil diciptakan di menit ke-68 saat Dallas menerima umpan dari Pablo Hernandez dan menyelesaikannya dengan tembakan kaki kanan namun belum menemui sasaran. 

Selanjutnya, Hernandez di menit ke-73 menargetkan tembakan langsung ke gawang saat menerima operan dari Mateusz Klich namun berhasil ditahan. Berikutnya ada Kalvin Phillips menyambut umpan tendangan sudut dengan tandukan, tapi masih meleset ke kiri. 

Ancaman kembali diberikan Leeds di menit ke-81 oleh Raphinha melalui tembakan dengan kaki kiri dari luar kotak 16 saat menerima umpan dari Hernandez namun bisa diselamatkan di sudut kanan bawah gawang. 

Dua menit berselang, Raphinha memberikan umpan silang ke tengah gawang yang disambut dengan sundulan oleh Bamford namun masih bisa diselamatkan oleh Lloris. Tottenham akhirnya menyelesaikan laga dengan 10 orang setelah Matt Doherty menerima kartu kuning kedua. Walau demikian, waktu yang sedikit membuat Leeds tak bisa memaksimalkan keunggulan jumlah pemain dan harus mengakui keunggulan Tottenham 0-3. 

Susunan pemain kedua tim

Tottenham Hotspur (4-2-3-1)

Hugo Lloris; Matt Doherty (kartu merah 90+2'), Toby Alderweireld, Eric Dier, Ben Davies;  Harry Winks (Moussa Sissoko 76'), Pierre Hojbjerg; Steven Bergwijn, Tanguy Ndombele (Lucas Moura 78'), Son Heung-min, Harry Kane (Carlos Vinicius 87')

Pelatih: Jose Mourinho

Leeds United (4-1-4-1)

Illan Meslier; Stuart Dallas, Luke Ayling, Pascal Struijk, Egzijan Alioski (Kamie Shackleton 64'); Kalvin  Phillips; Raphinha, Rodrigo (Pablo Hernandez 65'), Mateusz Klich, Jack Harrison (Ian Poveda Ocampo 61'); Patrick Bamford

Pelatih: Marcelo Bielsa

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement