Kamis 14 Jan 2021 15:49 WIB

James Harden Akhirnya Gabung ke Brooklyn Nets

Harden jumpa lagi dengan mantan rekan setim di Oklahoma City Thunder, Kevin Durant.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
James Harden (kiri).
Foto: AP/Kathy Willens
James Harden (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keinginan James Harden untuk pindah dari Houston Rockets akhirnya terwujud. Ini setelah Rockets mengirim Harden ke Brooklyn Nets dalam transfer empat tim blockbuster yang juga melibatkan Pacers dan Cavaliers.

Sumber ESPN pada Kamis (14/1) menyatakan, Nets mengirim ke Houston sebuah paket yang mencakup banyak pemain dan draft pick serta guard Caris LeVert, yang kemudian ditukar ke Pacers untuk Victor Oladipo.

Center Jarrett Allen dan penyerang Taurean Prince akan berangkat dari Nets ke Cavs dalam kesepakatan itu. Sementara Rockets menerima guard Cleveland Dante Exum dan penyerang Brooklyn Rodions Kurucs.

Megadeal ini mempertemukan kembali Harden dengan mantan rekan setimnya di Oklahoma City Thunder, Kevin Durant, di Brooklyn dan menempatkan Nets, yang juga memiliki guard All-Star Kyrie Irving, sebagai penantang gelar di kompetisi NBA Wilayah Timur.

"Saya pikir bola basket adalah tentang bermain bersama dan menjadi yang terbaik yang Anda bisa. Jadi, tidak peduli siapa Anda, ini tentang menemukan konektivitas dan keseimbangan dalam sebuah tim dan mencoba menjadi lebih besar daripada jumlah bagian Anda," ujar pelatih Nets Steve Nash sebelum pertandingan Rabu melawan Knicks.  "Jadi, itu tidak berubah, tak peduli seperti apa penampilan tim Anda, dan itu jelas merupakan tujuan dan rangkaian tim kami sejak hari pertama."

Transfer itu disetujui setelah Rockets yang memilih untuk menjauhkan Harden dari latihan Rabu (13/1). Ini menyusul komentar mantan MVP itu Selasa (12/1) yang menyindir Houston Rockets tidak cukup kuat untuk bersaing memperebutkan gelar juara.

Dengan menambahkan Harden, juara pencetak tiga angka NBA, Nets akan menampilkan tiga pemain yang mampu mencetak 25 poin atau lebih pada tiap pertandingan. Ini akan memberi Nets koleksi senjata untuk menyaingi klub tiga besar manapun dalam beberapa tahun terakhir.

Durant rata-rata mencetak 29,9 poin di musim pertamanya di Nets setelah menjalani operasi untuk memperbaiki tendon Achilles yang pecah. Irving mencetak 27,1 poin per pertandingan sebelum meninggalkan tim pekan lalu karena alasan pribadi. Harden, yang bergabung dengan Rockets setelah kamp pelatihan dimulai, mengumpulkan rata-rata 24,8 poin musim ini setelah tiga musim berturut-turut di atas 30 poin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement