Jumat 15 Jan 2021 17:20 WIB

Harga Skuad Liverpool Lebih Tinggi Dibandingkan Madrid

Perusahaan ini menggunakan algoritma untuk mempertimbangkan berbagai faktor.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Mohamed Salah (tengah) merayakah gol keempatnya pada laga FA Cup putaran ketiga antara Aston Villa dan Liverpool di Birmingham, Inggris Sabtu (9/1) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/TIM KEETON
Mohamed Salah (tengah) merayakah gol keempatnya pada laga FA Cup putaran ketiga antara Aston Villa dan Liverpool di Birmingham, Inggris Sabtu (9/1) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Sebuah perusahaan akuntansi global KPMG menganalisis nilai skuad dari enam liga top Eropa. Dinataranya adalah Liga Premier, La Liga, Serie A, Bundesliga, Liga NOS dan Ligue 1.

Perusahaan ini menggunakan algoritma untuk mempertimbangkan berbagai faktor seperti posisi, lama kontrak, potensi komersial, usia, kinerja individu, dan ketergantungan tim mereka dalam menentukan nilai moneter. Liverpool terbukti sebagai klub yang memiliki rekor nilai tertinggi dari hasil itu.

Dilansir dari laman Express, Jumat (15/1), Mohamed Salah memegang nilai pasar sebesar 122,2 juta euro dan menjadikannya sebagai pemain ketiga paling berharga dari enam klub terpilih. Salah diikuti oleh rekan satu timnya, Sadio Mane dengan nilai 120 juta dan keluar juga nama Trent Alexander-Arnold untuk melengkapi tiga besar pemain Liverpool.

Laporan tersebut mengunungkapkan skuad Klopp memiliki nilai keseluruhan sebesar, 1,09 miliar euro dengan tiga pemain teratas berjumlah 349,4 juta euro. Angka tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan Real Madrid yang memiliki nilai keseluruhan 874,2 juta euro.

Casemiro menjadi nama pemain yang paling berharga dengan nilai 72,6 juta euro disusul dengan Raphael Varane dengan nilai 70,2 juta euro. Nama Thibaut Crotois menjadi kiper termalah dalam daftar dengan nilai 67,9 juta euro.

Sementara itu Juventus memiliki nilai lebih rendah dibanding Liverpool dan Real Madrid namun menjadi paling mahal di Italia dengan nilai 734,8 juta pound. Nama Cristian Ronaldo, Paulo Dybala dan Matthijs de Ligt menjadi tiga pemain dengan nilai tertinggi di Juventus.

Dari Bundesliga, Bayern Muenchen menjadi tim yang paling berharga dan mengikuti tiga tim lain sebelumnya. Serge Gnabry menjadi pemain paling berharga disusul dengan Joshua Kimmich dan Leroy Sane dengan total nilai keseluruhan klub senilai 943,4 juta pound.

Paris Saint Germain memiliki pemain paling berharga meski timnya tidak masuk dalam tiga tim yang paling bernilai. PSG memiliki Kylian Mbappe yang memiliki harga sebesar 200 juta euro. PSG memiliki Neymar Jr dan Marquinho sebagai dua pemain dengan nilai tertinggi lainnya. Total nilai PSG secara keseluruhan mencapai 806,6 juta euro.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement