Senin 18 Jan 2021 20:23 WIB

Guardiola: Kemenangan Atas Palace untuk Stones

City mencukur Palace 4-0 dan Stones menyumbang dua gol

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola dan bek John Stones pada sebuah sesi latihan klub.
Foto: EPA/Peter Powell
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola dan bek John Stones pada sebuah sesi latihan klub.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, mengaku terkesan dengan perkembangan kemampuan bek tengah asal Inggris, John Stones.

Pelatih asal Spanyol itu pun mendedikasikan kemenangan The Citizen atas Palace di laga pada pekan ke-19 Liga Primer Inggris, Senin (18/1) dini hari WIB, untuk bek tengah berusia 26 tahun tersebut.

Dalam laga yang digelar di Stadion Etihad itu, City mencukur The Eagles, 4-0. Stones menyumbang dua gol di laga tersebut, tepatnya pada menit ke-26 usai menanduk umpan dari Kevin de Bruyne dan pada menit ke-68 via sepakan kaki kiri.

Dua gol tambahan City di laga tersebut dicetak oleh Ilkay Gundogan dan Raheem Sterling. Buat Stones, laga ini memang begitu istimewa. Golnya pada menit ke-26 merupakan menjadi gol pertama eks bek tengah Everton itu buat City di kancah Liga Primer Inggris.

Tidak hanya itu, ini juga pertama kalinya Stones mencetak dua gol dalam satu laga buat City sejak 2017 silam. Guardiola pun mengakui, kemenangan City di laga ini layak dipersembahkan buat Stones.

''Jika ada satu orang yang layak mendapatkan kemenangan ini, maka itu adalah John (Stones). Untuk berbagai alasan, dia telah berjuang keras dalam beberapa bulan terakhir. Karena itu, dengan keberhasilannya meningkatkan performanya, kemenangan ini layak menjadi miliknya,'' tutur Guardiola seperti dilansir BBC, Senin (18/1).

Mantan pelatih Barcelona itu merujuk pada kesulitan yang dihadapi Stones pada sepanjang musim lalu. Sempat terganggu masalah cedera dan kondisi kebugaran, Stones tidak bisa memberikan kontribusi maksimal buat The Citizen.

Stones tercatat hanya tampil di 24 laga di semua ajang, termasuk 15 penampilan di Liga Primer Inggris. Stones pun dinilai mengalami penurunan performa sejak pertama kali direkrut City pada 2016 silam.

Kondisi ini berujung pada munculnya rumor terkait rencana manajemen City untuk melepas Stones pada akhir musim lalu. Namun, seiring dengan kedatangan Ruben Dias pada awal musim ini, Stones mulai menemukan tandem yang tepat. Stones pun kembali ke performa terbaiknya.

''Dia layak tampil di laga ini. Dia berhak untuk terus mendapatkan menit bermain. Dia sudah jarang melakukan kesalahan. Dia menjadi tandem dan bisa bekerjama dengan bagus bersama Dias di posisi bek tengah,'' kata Guardiola.

Pada musim ini, Stones telah mengemas 16 laga di semua ajang. Bahkan, di lima laga terakhir City di pentas Liga Primer Inggris, Stones dipercaya tampil sebagai starter. Duetnya bersama Dias menjadi andalan baru Guardiola dalam mengawal lini belakang The Citizen.

Pada 10 laga saat duet Stones dan Dias berduet di posisi bek tengah, City mencetak sembilan kemenangan, satu hasil imbang, dan hanya kebobolan satu gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement