Jumat 29 Jan 2021 14:23 WIB

Ini Kalender Balap F1 Musim 2021

Seri pertama digelar 28 Maret mendatang.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Logo Baru F1
Foto: Autosport
Logo Baru F1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jadwal balapan dan tes pramusim Formula 1 sudah diumumkan. Namun, karena kekhawatiran soal pandemi Covid-19, tes pramusim digeser dari jadwal aslinya pada awal Maret di Barcelona, jadi pertengahan Maret di Bahrain, dua pekan sebelum kejuaraan dimulai.

Untuk memangkas biaya dalam membawa mobil yang digunakan masing-masing tim di musim baru, tes pramusim akan dijalani sehari, yang dihitung dalam event tiga hari. Artinya, pembalap hanya punya waktu satu setengah hari untuk mendapatkan kecepatan saat menyambut musim baru. 

Selain itu, setiap tim dihadapkan pada waktu terbatas, untuk meminimalisir setiap hambatan yang mungkin ditemukan saat pertama kali memacu mobil. Menariknya, jadwal balapan kali ini memecahkan rekor terbanyak dengan 23 seri. F1 yakin bisa menjalani musim kedua di tengah pandemi dengan fleksibel, jika situasinya berubah-ubah.

Pembatasan perjalanan dan karantina di Australia, membuat Melbourne yang biasanya jadi seri pembuka pada pertengahan Maret, harus digeser ke waktu lain. GP Australia diganti jadi November, sementara GP China ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. 

Untuk mengatasi hal ini, F1 akan kembali ke Imola untuk putaran kedua musim 2021 pada 18 April. Sementara Sirkuit Internasional Algarve Portugal diperkirakan akan digunakan untuk saling berhadapan dengan GP Spanyol pada 2 Mei, setelah Portimao jadi tuan rumah. 

Untuk mengakomodasi GP Australia pada November, Grand Prix Sao Paolo dimajukan satu pekan pada 7 November. Sementara GP Arab Saudi yang pertama dimundurkan sepekan jadi 5 Desember, sebelum final di Abu Dhabi pada 12 Desember. Berikut kalender balap Formula 1 musim 2021, dikutip dari Crash, Jumat (29/1).

 

KALENDER BALAP FORMULA 1 2021

 

GP Bahrain (Sakhir) 28 Maret

Emilia Romagna GP (Imola) 18 April

TBC 2 Mei

GP Spanyol (Barcelona) 9 Mei

GP Monaco ( Monte Carlo ) 23 Mei

GP Azerbaijan ( Baku ) 6 Juni

GP Kanada ( Montreal ) 13 Juni

GP Prancis ( Paul Ricard ) 27 Juni

GP Austria ( Spielberg ) 4 Juli

GP Inggris ( Silverstone ) 18 Juli

GP Hongaria ( Budapest ) 1 Agustus

GP Belgia ( Spa ) 29 Agustus

GP Belanda (Zandvoort) 5 September

GP Italia ( Monza ) 12 September

GP Rusia ( Sochi ) 26 September

GP Singapura ( Marina Bay ) 3 Oktober

GP Jepang ( Suzuka ) 10 Oktober

GP Amerika Serikat ( Austin ) 24 Oktober

GP Meksiko ( Mexico City ) 31 Oktober

GP Sao Paulo ( Interlagos ) 7 November

GP Australia (Melbourne) 21 November

GP Arab Saudi (Jeddah) 5 Desember

GP Abu Dhabi (Yas Marina) 12 Desember

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement