Sabtu 30 Jan 2021 10:11 WIB

Mikel Arteta: Duel Arsenal Vs MU tak Sepanas Dulu

Duel Arsenal dan MU menjadi tidak terlalu panas dengan diperkenalkannya VAR.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Arsenal Mikel Arteta.
Foto: AP/Andy Rain/POOL EPA
Pelatih Arsenal Mikel Arteta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru taktik Arsenal Mikel Arteta yakin persaingan antara Arsenal dan Manchester United (MU) menjadi tidak terlalu panas dengan diperkenalkannya VAR. Bentrokan antara Arsenal dan United sebelumnya terkenal sebagai yang paling sengit dalam sejarah Liga Primer Inggris, terutama selama era ketika Patrick Vieira dan Roy Keane menjadi kapten.

Dalam beberapa tahun terakhir, bagaimanapun, persaingan telah kehilangan sebagian dari gigitan dan keunggulannya. Arteta yakin VAR telah berperan dalam hal itu.

"Saya pikir sudah tenang, tapi tidak hanya dengan Arsenal dan Manchester United," kata Arteta dikutip dari Evening Standard, Sabtu (30/1). "Secara umum Anda melihat cara derbi dimainkan dan itu tidak sama sekarang. Permainan berkembang, kami mendidik para pemain dengan cara yang berbeda dan yang pasti sekarang mereka tidak diizinkan untuk melakukan beberapa hal yang biasa mereka lakukan."

Pelatih asal Spanyol itu merasa pengenalan teknologi video telah memengaruhi semua derbi dan persaingan dalam sepak bola karena para pemain sekarang sadar bahwa mereka tidak bisa lolos dari pelanggaran apa pun.

"Dengan VAR, itu bahkan lebih sedikit. Jadi ini permainan yang berbeda dengan waktu itu. Anda jauh lebih terkontrol dan diawasi sehingga Anda tahu Anda tidak akan lolos dengan hal-hal tertentu yang biasa Anda lakukan sebelumnya. Begitulah cara permainan berkembang. Itu hal yang wajar," jelas Arteta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement