Jumat 05 Feb 2021 15:41 WIB

Ini Gambaran Perubahan Format Liga Champions Usulan UEFA

Langkah UEFA ini sebagai respons wacana Liga Super Eropa.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
Liga Champions
Liga Champions

REPUBLIKA.CO.ID, NYON -- Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) merencanakan perubahan besar pada format Liga Champions. Jika berjalan lancar, format terbaru ini, mulai diaplikasikan sejak 2024.

Diskusi dimulai pada Jumat (5/2). UEFA memberikan paparan kepada 55 perwakilan asosiasi. Langkah ini sebagai respons UEFA untuk menolak peluncuran kompetisi terpisah. Sebelumnya beredar wacana bakal ada Liga Super Eropa.

Baca Juga

Perubahan pertama dari sisi jumlah peserta. Selama ini, ada 32 tim yang menjadi peserta babak utama Liga Champions. "Usulan UEFA adalah meningkatkan dari 32 menjadi 36," demikian laporan yang dikutip dari theworldgame, Jumat (5/2).

Inggris, Italia, dan Spanyol, mengirimkan empat wakil. Dengan adanya aturan baru tersebut, tim-tim besar yang gagal finis di zona big four masih berpeluang mentas di kompetisi terelite Benua Biru.

"Itu berdasarkan catatan sejarah mereka di Eropa," tambah laporan itu.

Kemudian Prancis bisa mengirimkan tiga wakil. Dua seperti biasanya. Tim yang finis di peringkat ketiga klasemen akhir Ligue 1, harus mengikuti kualifikasi Liga Champions terlebih dahulu.

Selanjutnya, 36 tim tersebut ...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement