Senin 08 Feb 2021 10:45 WIB

Asa the Whites Kembali ke Jalur Kemenangan

Tampil di kandang sendiri, memberi energi lebih bagi si putih.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih kepala Leeds United Marcelo Bielsa
Foto: AP/Michael Regan/Pool GETTY
Pelatih kepala Leeds United Marcelo Bielsa

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Sekembalinya ke Liga Primer Inggris, Leeds United sempat membuat kejutan. The Peacocks menahan imbang para elite macam Manchester City, juga Arsenal.

Liverpool pun dibuat kelimpungan. Skuad polesan Marcelo Bielsa menunjukkan permainan impresif dengan sepakbola menyerang. Garis pertahanan tinggi selalu diperagakan klub tersebut, nyaris di setiap pertandingan.

Namun di sisi lain the Whites terkadang mengalami nasib tak sesuai harapan. Sekalinya dihajar serangan balik, Patrick Bamford dan rekan-rekan sulit mengejar ketertinggalan. Koordinasi di lini belakang, terkadang jadi titik lemah.

"Sebagus apa pun mereka, jika dilihat dari sudut pandang netral, setiap penggemar Leeds akan memberi tahu anda betapa frustrasinya mereka akan hal itu," kata mantan penyerang tim nasional Inggris, Michael Owen, dikutip dari The Sport Review.

Kini sesama pengisi papan tengah siap menjadi lawan Leeds United berikutnya. The Peacocksakan berhadapan dengan Crystal Palace pada lanjutan liga domestik. Duel tersebut berlangsung di Stadion Elland Road, Selasa (9/2) dini hari WIB.

Tampil di kandang sendiri, memberi energi lebih bagi si putih. Apalagi pada matchday sebelumnya, di arena yang sama, tuan rumah ditaklukkan Everton. Jelas, juara Divisi Championship musim lalu itu ingin kembali ke jalur kemenangan.

Maklum sebelum dihajar the Toffees, Leeds mampu membungkam Leicester City, juga Newcastle United. "Agak disayangkan melihat cara kami mengakhiri pertandingan melawan Everton. Tetapi jika kami membawa semangat tim ke laga berikutnya, saya pikir kami akan baik-baik saja," ujar defender Leeds United, Pascal Struijk, dikutip dari laman resmi klubnya.

Jelas, pasukan Bielsa menargetkan kemenangan atas Palace. Bukan perkara mudah mewujudkan asa tersebut. Pasalnya tim tamu sedang bagus-bagusnya.

The Eagles baru meraih dua kemenangan beruntun pada kompetisi terelite Negeri Ratu Elizabeth. Masing-masing atas Wolverhampton Wanderers serta Newcastle. Kemudian pada putaran pertama, skuat polesan Roy Hodgson digdaya atas Leeds United.

Pada pekan pertama November tahun lalu, Palace menggulung Leeds, 4-1. Meski demikian, masih ada nilai minus kubu tamu jelang lawatan ke Ellan Road. Penyerang Wilfried Zaha mengalami cedera. 

"Dia tidak akan tersedia untuk pertandingan ini. Saat ini dia masih dalam tahap pemeriksaan," ujar Hodgson menjelaskan situasi Zaha, kepada ESPN.

Sebelumnya ia sudah kehilangan beberapa nama. Mereka ramai-ramai dihantam badai cedera. Zaha menyusul Wayne Hennessey, Nathan Ferguson, dan Connor Wickham. Masih ada Mamadou Sakho, James Tomkins, Jeffrey Schlupp yang juga masuk ruang perawatan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement