Rabu 03 Mar 2021 17:00 WIB

Parlemen Inggris Selidiki Hubungan Demensia dan Olahraga

Parlemen akan mempertimbangkan kaitan trauma kepala dan demensia, dan risikonya.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko
Pemain Liverpool Roberto Firmino melakukan sundulan di babak 16 besar Liga Champions, leg pertama, pertandingan sepak bola antara RB Leipzig dan Liverpool di stadion Ferenc Puskas di Budapest, Hongaria, Rabu (17/2) dini hari WIB.
Foto:

"Kami melihat sejumlah kasus yang melibatkan cedera otak dalam olahraga kemungkinan akan mencapai pintu pengadilan hukum kami dan kami juga akan melihat implikasi olahraga dalam jangka panjang dari setiap klaim hukum yang berhasil,” jelasnya dilansir dari BBC, Rabu (3/3).

Menteri Kebudayaan Inggris Oliver Dowden menyambut baik rencana penyelidikan ini. Itu menyusul masalah ini merupakan problem serius yang harus segera dicarikan solusi. Sebuah studi pada 2019 menunjukkan pesepakbola tiga setengah kali lebih mungkin meninggal karena penyakit neurodegenaratif.

Bulan lalu mantan bek Skotlandia dan Manchester United, Gordon McQueen didiagnosis demensia vascular. Adapun mantan striker Inggris Geoff Astle meninggal karena penyakit tersebut pada 2002.

Ahli bedah saraf, Dr Willie Stewart yang memimpin penelitian tentang hubungan sepakbola dengan demensia memperingatkan bahwa masalah ini tak hanya terjadi pada pesepakbola di zaman dulu namun juga di era modern.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement