Sabtu 06 Mar 2021 17:43 WIB

Raphinha Mengaku Masih Betah di Leeds United

Raphinha menjadi andalan pelatih Leeds, Marcelo Bielsa, dalam mengawal sisi sayap.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Raphinha dari Leeds United.
Foto: AP / Jon Super, Pool
Raphinha dari Leeds United.

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Winger asal Brasil, Raphinha, menjadi salah satu pemain yang mampu membetot perhatian di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Kendati baru didatangkan Leeds United pada awal musim ini, winger berusia 24 tahun itu mampu langsung beradaptasi dengan kerasnya kompetisi kasta tertingi di pentas sepak bola Inggris tersebut.

Raphinha menjadi andalan pelatih Leeds United, Marcelo Bielsa, dalam mengawal sisi sayap serangan the Whites. Kepercayaan Bielsa ini tidak terlepas dari kemampuan teknik pemain yang kerap diplot sebagai pemain sayap kanan tersebut.

Raphinha tercatat telah mengemas lima gol dan lima assist dari 21 penampilannya di kancah Liga Primer Inggris musim ini. Terakhir, Raphinha berhasil menyumbang satu gol saat Leeds United mencukur Southampton, 3-0, awal pekan lalu.

Raphinha pun berhasil mengantarkan Leeds United, yang berstatus sebagai tim promosi, bertengger di peringkat ke-11 klasemen sementara. Performa impresif Raphinha ini kabarnya menarik minat sejumlah klub besar Liga Primer Inggris.

Manchester United dan Liverpool disebut-sebut telah memasukkan Raphinha dalam radar mereka guna memperkaya opsi pemain di lini serang pada musim depan. Kendati begitu, Raphinha memberikan indikasi terkait keinginannya untuk bertahan di the Whites.

Pemain yang direkrut dari Rennes dengan nilai transfer mencapai 17 juta poundsterling itu mengaku kerasan di Stadion Elland Road, markas Leeds, dan sepertinya belum berpikir untuk hijrah ke klub lain.

''Saya sangat senang dan puas menjadi bagian dari klub ini. Hari ini, saya sudah merasa betah di klub dan kota ini. Saya berterima kasih kepada semua pihak di klub yang telah menunjukan kasih saya mereka kepada saya. Mereka berkontribusi besar atas sikap dan penerimaan saya terhadap klub ini,'' kata Raphinha seperti dilansir Metro, Sabtu (6/3).

Mantan winger Sporting Lisbon itu juga mengaku terkesan dengan sambutan dan perlakuan yang diberikan pihak klub terhadap dirinya pada awal musim ini. Kesan positif ini yang membuat Raphinha berniat untuk bertahan di The Whites.

''Saat saya tahu mereka menginginkan saya, cara mereka menerima dan memperlakukan saya saat pertama kali datang ke klub ini benar-benar luar biasa. Itu memiliki arti penting buat saya dan saat ini saya cukup senang berada di klub ini,'' ujar Raphinha.

Sebelumnya, mantan gelandang timnas Inggris, Trevor Sinclair, menilai, Raphinha memiliki semua kualitas untuk bisa bersaing di tim-tim papan atas Liga Primer Inggris. Menurutnya, Raphinha tidak hanya piawai dalam membuka ruang di lini belakang lawan, tapi juga memiliki insting mencetak gol yang cukup tajam.

''Hingga sejauh ini, saya terkesan dengan performa Raphinha. Performanya cukup impresif di sepertiga akhir lapangan, terutama soal menciptakan peluang, membuka ruang, dan mencetak gol. Jika Anda menempatkan Raphinha di tim-tim besar, dia sepertinya akan bisa bersaing untuk mendapatkan tempat di tim inti,'' kata Sinclair kepada Talk Sports, pekan lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement