Kamis 11 Mar 2021 23:20 WIB

Jamarr Bantu Louvre Dewa United Raih Kemenangan Kedua

Louvre Dewa United mengalahkan Satya Wacana Saints Salatiga 83-69 di Kompetisi IBL.

Pemain Louvre Dewa United Jamarr Andre Johnson (kanan) membawa bola saat menghadapi Satya Wacana Saints Salatiga.
Foto: DOK IBL
Pemain Louvre Dewa United Jamarr Andre Johnson (kanan) membawa bola saat menghadapi Satya Wacana Saints Salatiga.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kemenangan Louvre Dewa United menutup rangkaian pertandingan hari kedua kompetisi bola basket IBL 2021 di Robinson Resort, Cisarua, Bogor, Kamis (11/3). Louvre Dewa United mengalahkan Satya Wacana Saints Salatiga 83-69, sekaligus mengemas kemenangan kedua pada regular season IBL musim ini. Sehari sebelumnya, tim asal Surabaya ini menang besar atas Pacific Caesar 82-52.

Jamarr Andre Johnson kembali menjadi tumpuan Louvre. Kali ini, ia mengemas dobel dobel 26 poin dan 15 rebound. Dio Tirta Saputra membuat 17 angka dan Kevin Moses Poetiray menyumbang 16 poin bagi Louvre. 

Baca Juga

Dari The Saints, David Nuban menjadi pencetak angka terbanyak dengan 19 poin. Bryan Elang Praditya mencatat dobel dobel 13 angka dan 11 rebound. Sementara Hengky Lakay menyumbang 14 poin.

Walau kalah dengan dobel digit, The Siants memberikan perlawanan ketat sejak awal hingga menjelang laga berakhir. Kejar mengejar angka terjadi sejak tip-off. Skor sempat 13-13, sebelum Louvre menutup kuarter pertama dengan keunggulan 17-14.

Pada kuarter kedua, tembakan tiga angka David Nuban untuk Saints mampu menipiskan angka, Louvre masih unggul 22-20. Kemudian Louvre sempat menjauh lewat Wendha Wijaya yang melepaskan tembakan tiga dan sebuah lay up, 29-22. Louvre melejit dengan keunggulan 37-25 saat halftime.

Setelah sempat tertinggal 27-44, The Saints bersemangat mengejar ketertinggalan. Akurasi Jamarr yang menurun yang diikuti rekan-rekannya membuat perolehan poin Louvre tertahan. Sebaliknya The Saints menyerang dengan kombinasi tembakan jarak jauh serta serangan langsung ke ring. Skor sempat menipis 41-45 dan 44-47, masih untuk keunggulan Louvre. The Saints bisa saja hanya tertinggal satu poin, tapi dua tembakan bebas Alexander Franklyn tak satu pun masuk saat waktu tersisa satu menit. Hingga akhirnya Louvre menutup kuarter tiga 49-44 lewat dua poin Dio Syahputra Dyanza.

Kuarter sempat berjalan ketat. Tembakan tiga angka David Nuban menyamakan skor 53-53. Namun Jamarr menunjukkan alasan Louvre berganti padanya. Aksi-aksi Jamarr memecah pertahanan The Saints diakhiri dengan poin atau assist ke rekannya membuat Louvre perlahan menjauh. Dalam posisi serbasalah, The Saints mencoba bermain menekan sejak pertahanan Louvre. Namun, pilihan taktik ini juga gagal. Louvre menjauh 76-65 ketika waktu tersisa satu menit. Kevin Moses menutup perolehan poin Louvre menjadi 83-69.

"Kami memang bergantung kepada Jamarr sebagai pemain senior untuk membimbing rekan-rekannya yang masih muda dan juga mencetak poin. Offense kami mengandalkan dia. Posisi dia bebas, tergantung permainan. Bisa bermain di dalam, bisa di luar," kata pelatih Louvre Andika Saputra.

Coach Bedu, sapaan Andika, mengaku tak pusing jika nanti menghadapi lawan yang lebih tangguh atau Jamarr dijaga dua hingga tiga pemain lawan. Menurut dia, jika itu terjadi, akan ada pemain Louvre yang lain kosong. Ia mempercayakan para pemain lain itu untuk menjadi eksekutor poin jika Jamarr dimatikan.

Jamarr pun mengaku siap jika ini terjadi. Ia mengaku percaya kepada rekan-rekannya yang masih muda dan minim pengalaman untuk mengoper bola kepada mereka jika ia ditempel. "Saya akan melakukan semuanya yang saya bisa untuk membantu tim ini," kata Jamarr.

Sementara pelatih The Saints mengakui timnya kesulitan meredam Louvre yang diperkuat Jamarr. Saat Jamar berusaha dimatikan, para pemain Louvre lainnya bisa mencetak poin.

"Saya mengapresiasi anak-anak yang sudah mau bertarung habis-habisan dengan kondisi apa pun dari awal sampai akhir di gim tadi," kata Coach Meldi.

Hasil Hari Kedua IBL 2021

Bima Perkasa Jogja 61-53 Bali United

Indonesia Patriots 73-60 West Bandit Solo

Satria Muda Pertamina 72-73 Prawira Bandung

Louvre Dewa United 83-69 Satya Wacana Saints Salatiga

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement