Senin 15 Mar 2021 00:40 WIB

Klopp Maklumi Lambannya Proses Adaptasi Thiago

Thiago didatangkan dari Muenchen pada awal musim ini

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Thiago Alcantara
Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN BRUNA
Thiago Alcantara

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Kiprah Thiago Alcantara bersama Liverpool terus menjadi sorotan. Mampu tampil apik dan menjadi andalan Bayern Muenchen di lini tengah, gelandang tengah asal Spanyol itu relatif kesulitan saat dipercaya mengawal lini tengah Liverpool pada musim ini.

Thiago didatangkan dari Muenchen pada awal musim ini dengan nilai transfer mencapai 20 juta poundsterling. Namun, besaran nilai transfer itu dinilai belum sebanding dengan kontribusi mantan gelandang Barcelona itu buat performa The Reds.

Tampil di 18 laga di semua ajang, termasuk 14 laga di pentas Liga Primer Inggris, Thiago belum juga mencatatkan gol ataupun assist buat Liverpool. Catatan penampilan gelandang berusia 29 tahun ini kalah impresif dibanding Diogo Jota, yang sama-sama direkrut Liverpool pada awal musim ini.

Gelandang serang asal Portugal itu telah mencetak sembilan gol dan satu assist dari 20 penampilan di semua ajang pada musim ini, sebelum akhirnya mengalami cedera pada akhir Desember silam.

Kendati begitu, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, menyebut, lebih mudah buat seorang pemain, terutama pemain di lini serang, untuk bisa langsung beradaptasi dengan skema penyerangan The Reds.

Kondisi ini yang membuat Jota bisa langsung membuka catatan golnya buat The Reds, meski baru didatangkan pada awal musim ini. Di sisi lain, cukup sulit buat gelandang bisa berkontribusi secara langsung dalam skema serangan Liverpool.

Karena itu, kata Klopp, butuh waktu buat Thiago untuk bisa menyumbang torehan gol ataupun assist buat The Reds pada musim ini. Selain itu, Thiago juga belum terbiasa dengan pergerakan pemain di skema pertahanan The Reds.

''Jika Anda ingin semua pemain bisa terlibat dalam skema serangan, butuh waktu yang lebih lama. Selama Anda menerima kenyataan ini pada awal musim, maka Anda bisa memakluminya (minimnya catatan gol dan assist Thiago).”

“Selain itu, bertahan membutuhkan kerja yang lebih intensif. Anda harus memberikan upaya yang lebih besar dalam membangun sistem pertahanan,'' tutur Klopp seperti dilansir Daily Mail, Ahad (14/3).

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Liverpool Liverpool 7 6 0 1 13 11 18
2 Manchester City Manchester City 7 5 2 0 17 9 17
3 Arsenal Arsenal 7 5 2 0 15 9 17
4 Chelsea Chelsea 7 4 2 1 16 8 14
5 Aston Villa Aston Villa 7 4 2 1 12 3 14
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement