Ahad 21 Mar 2021 23:54 WIB

Sudah Unggul 3 Gol, West Ham Ditahan Arsenal 3-3

West Ham masih berada di posisi lima klasemen dengan nilai 49.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Ekspresi penyerang Arsenal Alexandre Lacazette (kiri) setelah menjebol gawang West Ham United.
Foto: EPA-EFE/Justin Tallis
Ekspresi penyerang Arsenal Alexandre Lacazette (kiri) setelah menjebol gawang West Ham United.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- West Ham menyia-nyiakan peluang mengamankan kemenangan dalam persaingan finis di empat besar Liga Primer Inggris 2020/2021. Sempat unggul tiga, West Ham akhirnya ditahan imbang Arsenal 3-3 di Stadion London, Ahad (21/3).

Gol West Ham dicetak Jesse Lingard, Jarrod Bowen, dan Tomas Soucek. Arsenal membalas melalui gol bunuh diri Tomas Soucek dan Craig Dawson, serta sundulan Alexandre Lacazette.

Baca Juga

Dengan hasil ini, West Ham masih berada di posisi lima klasemen dengan nilai 49 hasil dari 29 pertandingan. The Hammers terpaut dua poin dari Chelsea di peringkat empat. Sementara Arsenal berada di peringkat sembilan dengan nilai 42 dari 29 laga. 

Jalannya laga

West Ham langsung mendesak Arsenal selepas kick-off. Umpan silang Said Benrahma disambar Vladimir Coufal tapi masih melambung, saat laga memasuki menit kelima. Lima menit berselang, umpan silang Michail Antonio coba diselesaikan Tomas Soucek, tapi masih melebar tipis. 

West Ham mengeklaim penalti di menit ke-14, saat Jarrod Bowen terjatuh dalam tekanan Pablo Mari. Namun wasit dan Video Assistant Referee (VAR) tak melihatnya sebagai pelanggaran.

West Ham memimpin semenit kemudian. Antonio menusuk dari kiri dan mengirim umpan tarik, yang diterima Jesse Lingard dan diselesaikan dengan sepakan voli ke pojok kanan gawang.

Tuan rumah memperbesar keunggulan menjadi 2-0 hanya dalam dua menit. Mendapatkan tendangan bebas di sisi kanan di depan kotak penalti, West Ham mengambilnya dengan cepat saat para pemain Arsenal protes.

Sodoran Lingard diterima Bowen yang bebas di sisi kanan dan melepaskan tembakan mendatar. Bola meluncur tepat ke arah Bernd Leno, tapi kiper Arsenal itu tak bisa menghentikannya.

Arsenal mencoba merespons, tapi kesulitan membangun permainan. Tembakan Martin Odegaard dari depan kotak penalti sempat membentur pemain West Ham dan ditangkap dengan mudah oleh Lukasz Fabianski.

West Ham mencetak gol ketiganya di menit ke-32. Umpan silang Coufal ditanduk Antonio di depan gawang, lalu disontek Soucek jadi gol. Pemain-pemain Arsenal mengira Soucek offside, tapi hakim garis dan VAR memastikan gol sah.

Tim tamu merespons pada menit ke-38. Odegaard memainkan umpan ke Calum Chambers di kanan, yang diteruskan dengan umpan silang.

Bola dikontrol Alexandre Lacazette di tengah kotak penalti, lalu dituntaskan dengan sepakan memutar. Bola sempat membentur bek West Ham sebelum akhirnya masuk ke gawang. Gol ini pada akhirnya dicatat sebagai bunuh diri Soucek. Babak pertama berakhir dengan skor 3-1.

Memasuki babak kedua, Arsenal meningkatkan serangan sementara West Ham menutup rapat celah the Gunners untuk menjebol gawang mereka. The Gunners kesulitan menjebol gawang West Ham karena kedua sisi sayap dijaga ketat. Begitu pula tusukan dari tengah di mana para pemain West Ham dengan cepat mengecil untuk menutup ruang.

Namun kesempatan datang bagi Arsenal saat pemain West Ham jatuh dan merasa dilanggar. Namun wasit memutuskan sebaliknya. Kesempatan ini tak disiakan Arsenal dengan mengambil tendangan bebas cepat. Martin Odegaard kemudian menusuk ke tengah dan mengirimkan operan sempurna kepada Chambers di sisi kanan. Chambers kemudian melepas umpan tarik ke depan gawang. Bek Craig Dawson mencoba menghalau, tapi justru menjebol gawang sendiri.

Arsenal semakin bersemangat untuk menyamakan kedudukan, sementara West Ham lebih memilih membalas lewat serangan balik. Menit ke-77, West Ham seharusnya bisa menjauhkan selisih skor saat Antonio gagal menyambut umpan matang Said Benrahma di depan gawang Arsenal. Bola sambaran Antonio hanya mengenai tiang gawang kiri Arsenal.

Antonio mungkin menyesali kegagalannya ini karena Arsenal kemudian menyamakan skor pada menit ke-82. Kali ini lewat Alexandre Lacazette. Ia menanduk umpan matang Pepe dari sisi kanan untuk menjebol gawang Fabianski.

Arsenal bisa berbalik memimpin dua menit berselang, tapi sepakan Pepe di kotak penalti masih bisa diamankan oleh Fabianski. Sebaliknya pada menit ke-86, Declan Rice melepaskan tembakan jarak jauh yang masih bisa ditepis Leno. Skor 3-3 bertahan hingga laga berakhir.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement