Senin 22 Mar 2021 02:07 WIB

Lacazette dan Gol Bunuh Diri Selamatkan Arsenal

Dua pemain West Ham menjebol gawang sendiri saat melawan Arsenal.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Joko Sadewo
Ekspresi penyerang Arsenal Alexandre Lacazette (kiri) setelah menjebol gawang West Ham United.
Foto: EPA-EFE/Justin Tallis
Ekspresi penyerang Arsenal Alexandre Lacazette (kiri) setelah menjebol gawang West Ham United.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Striker Alexander Lacazette dan gol bunuh diri menjadi penyelamat Arsenal dari kekalahan, saat tim asal London ini bertandang ke West Ham United. Gol Lacazette membuat kedua tim bermain imbang 3-3 dalam lanjutan Liga Inggris, Ahad (21/3).

Arsenal sempat tertinggal 3-0 atas West Ham lewat gol yang dibuat Jesse Lingard (menit 15), Bowen (17) dan Tomas Soucek (32). Namun sebelum babak pertama berakhir Arsenal memperkecil kedudukan menjadi 3-1 melalui gol bunuh diri Tomas Soucek (38).

Memasuki babak kedua Arsenal tampil agresif, mengurung pertahanan West Ham. Usaha mereka tidak sia-sia, setelah giliran Craigh Dawson kembali melakukan gol bunuh diri. Hingga akhirnya Lacazette menjadi juru selamat lewat golnya dimenit 82.

Hasil ini membuat Arsenal menambah satu poin dan berada di posisi ke sembilan klasemen sementara Liga Inggris. Sementara West Ham tetap berada di posisi kelima klasemen sementara Liga Inggris.

Jalannya Laga

West Ham langsung mendesak Arsenal selepas sepak mula. Umpan silang Said Benrahma disambar Vladimir Coufal tapi masih melambung, saat laga memasuki menit kelima.

Ancaman lain untuk Arsenal lima menit berselang. Umpan silan Michail Antonio coba diselesaikan Tomas Soucek, tapi masih melebar tipis.

West Ham mengklaim penalti di menit ke-14, saat Jarrod Bowen terjatuh dalam tekanan Pablo Mari. Tapi wasit dan Video Assistant Referee (VAR) tak melihatnya sebagai pelanggaran.

West Ham memimpin semenit kemudian. Antonio menusuk dari kiri dan mengirim umpan tarik, yang diterima Jesse Lingard dan diselesaikan dengan sepakan voli ke pojok kanan gawang.

Tuan rumah memperbesar keunggulan menjadi 2-0 hanya dalam dua menit. Mendapatkan tendangan bebas di sisi kanan di depan kotak penalti, West Ham mengambilnya dengan cepat saat para pemain Arsenal protes.

Sodoran Lingard diterima Bowen yang bebas di sisi kanan dan melepaskan tembakan mendatar. Bola meluncur tepat ke arah Bernd Leno, tapi kiper Arsenal itu tak bisa menghentikannya.

Arsenal mencoba merespons, tapi kesulitan membangun permainan. Tembakan Martin Odegaard dari depan kotak penalti sempat membentur pemain West Ham dan ditangkap dengan mudah oleh Lukasz Fabianski.

West Ham mencetak gol ketiganya di menit ke-32. Umpan silang Coufal ditanduk Antonio di depan gawang, lalu disontek Soucek jadi gol. Pemain-pemain Arsenal mengira Soucek offside, tapi hakim garis dan VAR memastikan ia onside.

Tim tamu merespons pada menit ke-38. Odegaard memainkan umpan ke Calum Chambers di kanan, yang diteruskan dengan umpan silang.

Bola dikontrol Alexandre Lacazette di tengah kotak penalti, lalu dituntaskan dengan sepakan memutar. Bola sempat membentur bek West Ham sebelum akhirnya masuk ke gawang. Gol ini pada akhirnya dicatat sebagai gol bunuh diri Soucek.

Berjarak dua menit, nyaris Arsenal membuat gol kedua. Umpan terobosan Lacazette diterima Bukayo Saka yang tinggal menghadapi kiper. Namun tembakannya bisa dibaca Fabianski dan ditangkap.

Arsenal melanjutkan tekanan. Tembakan keras Thomas Partey di menit ke-43, yang berawal dari sepak pojok, masih melesat ke atas gawang.

Upaya terakhir Arsenal di babak pertama hadir dari Saka, juga bermula dari korner. Tendangannya diblok oleh Craig Dawson. Babak pertama berakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement