Jumat 26 Mar 2021 14:47 WIB

Kembali ke Timnas Swedia, Ibrahimovic Tandai dengan Assist

Zlatan Ibrahimovic kini menjadi pemain tertua yang mewakili timnas Swedia.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Zlatan Ibrahimovic (kanan) saat membela timnas Swedia.
Foto: EPA-EFE/Pontus Lundahl
Zlatan Ibrahimovic (kanan) saat membela timnas Swedia.

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Zlatan Ibrahimovic menandai kembalinya ke sepak bola internasional setelah absen lima tahun dengan sebuah assist ketika Swedia mengalahkan Georgia 1-0 dalam pertandingan pembuka Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022, Jumat (26/3) dini hari WIB. Ibrahimovic melakukan tendangan voli sebelum disambut oleh rekannya Viktor Claesson untuk dikonversi menjadi gol.

Striker AC Milan itu menjadi pemain tertua yang mewakili Swedia. Ia mengalahkan rekor kiper Thomas Ravelli, yaitu 38 tahun 59 hari. Namun pada laga tersebut, Ibrahimovic yang mengoleksi 62 gol internasional tak mencetak gol hingga diganti pada menit ke-84.

"Rasanya menyenangkan. Rasanya seperti itu adalah pertandingan internasional pertama saya. Itu memacu adrenalin," kata Ibrahimovic kepada Sverige Radio, dilansir dari BBC, Jumat.

Mantan pemain Barcelona itu yakin dirinya bisa melakukan lebih baik lagi pada laga berikutnya. Meski tak mencetak gol, baginya yang terpenting Swedia meraih kemenangan. Kemenangan ini membuat Swedia untuk sementara menduduki puncak klasemen Grup B.

Asosiasi Sepak Bola Swedia mengumumkan kembalinya sang bintang ke timnas pada awal Maret lalu. Banyak yang menyambut dengan suka cita, termasuk pelatih Swedia Janne Anderson atas kembalinya Ibrahimovic.

Penampilan terakhir Ibrahimovic bersama Swedia sebelum kembali, terjadi pada fase grup Piala Eropa 2016 melawan Belgia, 22 Juni 2016. Bersama Swedia, Ibrahimovic telah tampil di Piala Dunia sebanyak dua kali dan empat Piala Eropa. Ia salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola Swedia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement