Rabu 31 Mar 2021 09:53 WIB

Timnya Bungkam Malta, Pelatih Kroasia Puji Hal Ini

Kroasia menang telak 3-0.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
 Pelatih kepala Kroasia Zlatko Dalic.
Foto: EPA-EFE/ANTONIO BAT
Pelatih kepala Kroasia Zlatko Dalic.

REPUBLIKA.CO.ID, RIJEKA -- Kroasia menutup rangkaian tiga laga awal penyisihan Grup H Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa dengan torehan kemenangan. Tiga gol, yang masing-masing dicetak Ivan Perisic, Luka Modric, dan Josip Brekalo, membawa Valtreni mencukur Malta, 3-0, dalam laga yang digelar di Stadion Rujevica, Rijeka, Rabu (31/3) dini hari WIB. 

Runner-up Piala Dunia 2018 itu mengawali kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa dengan kekalahan dari Slovenia, 0-1. Namun, di dua laga berikutnya, Valtreni, julukan Kroasia, mampu bangkit di dua laga berikutnya. Kemenangan, 3-0, atas Malta melengkapi raihan tiga angka usai membungkam Cyprus, 1-0, akhir pekan lalu. 

Berkat torehan poin penuh di dua laga terakhir, Kroasia akhirnya bisa merangsek ke puncak klasemen sementara Grup H. Kroasia mengantongi enam poin, sama dengan koleksi poin Rusia. Namun, Luka Modric dan kawan-kawan unggul dalam jumlah selisih gol dibanding Rusia. 

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, mengakui, anak-anak asuhnya gagal memenuhi target awal di jeda internasional pada akhir Maret ini. Bertekad untuk bisa memetik poin maksimal, Kroasia cuma berhasil mendapatkan enam poin. Dalic pun menyebut, timnya mengalami kesulitan melakoni tiga laga dalam rentang waktu 10 hari. 

''Kami mengalami kesulitan dalam 10 hari terakhir. Kami sebenarnya berharap mendapatkan lebih dari enam poin. Namun, saya harus mengucapkan selamat kepada para pemain atas kemenangan ini dan berhasil memuncaki klasemen sementara Grup H. Target kami sudah jelas, mengakhiri babak kualifikasi di puncak klasemen dan tampil di Piala Dunia 2022,'' tutur Dalic seperti dilansir laman resmi UEFA, Rabu (31/3). 

Tidak hanya itu, berkaca dari performa anak-anak asuhnya di laga kontra Malta, Dalic menilai sudah ada tren peningkatan performa yang ditunjukan timnya. Ini menjadi modal besar buat Kroasia sebelum merumput di putaran final Piala Eropa 2020, Juni-Juli mendatang. 

''Untuk Piala Eropa, kami harus dan bisa tampil lebih baik dari tiga laga terakhir. Penampilan kami memang belum cukup menyakinkan di tiga laga terakhir, tapi saya melihat ada sinyal-sinyal peningkatan performa di laga ini. Saya yakin, kami akan baik-baik saja di Piala Eropa 2020,'' kata Dalic.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement