Kamis 08 Apr 2021 14:29 WIB

Haaland dan Mbappe Beradu Tajam di Liga Champions

Haaland menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Champions untuk pemain usia 20 tahun.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Pertarungan dua pemain sepak bola terbaik Eropa sepertinya tengah mengarah kepada Erling Braut Haaland dan Kylian Mbappe. Keduanya pun baru saja sama-sama mencetak rekor baru di ajang Liga Champions 2020/2021.

Pada putaran kedua babak 16 besar, Haaland sukses mencetak gol ke gawang Sevilla sekaligus membantu timnya lolos ke perempat final Liga Champions. Gol tersebut merupakan yang ke-20 untuk Haaland, menyalip jumlah gol Kylian Mbappe sebelum ulang tahun ke-21.

Baca Juga

Dengan Haaland yang belum genap berusia 21 tahun hingga Juli, dan Dortmund yang masih bersaing di kompetisi Liga Champions musim ini, pesepak bola asal Norwegia dapat memperkuat rekornya sebagai sebagai pengoleksi gol Liga Champions terbanyak pada usia 20 tahun.

Satu rekor Mbappe mungkin sudah ditumbangkan Haaland. Namun pesepak bola yang telah berusia 22 tahun itu juga punya catatan baru. Ia menjadi pemain termuda sepanjang sejarah, mengungguli Lionel Messi, yang mampu mencetak 25 gol di Liga Champions. 

Rekor ini ia buat saat mencetak gol dari titik putih pada leg kedua 16 besar Liga Champions melawan Barcelona.

Dilansir laman resmi UEFA, Kamis (8/4) Mbappe bahkan sukses menambah pundi-pundi golnya setelah membantu Paris Saint-Germain (PSG) menang 3-2 atas Bayern Muenchen pada leg pertama babak perempat final. Mbappe mencatatkan dua gol dan membuat koleksinya menjadi 27 gol.

Di sisi lain, tambahan dua gol Mbappe membuat pemain muda Prancis tersebut sudah mencetak delapan gol selama perjalanan Liga Champions musim 2020/2021 ini. Mbappe kini hanya tertinggal dua gol dari Haaland yang mengoleksi 10 gol.

Berikut daftar gol Liga Champions terbanyak untuk pemain sebelum berulang tahun ke-21:

20 Erling Braut Haaland (Salzburg - Dortmund)

19 Kylian Mbappe (AS Monaco, PSG)

12 Karim Benzema (Lyon)

9 Patrick Kluivert (Ajax Amsterdam)

8 Obafemi Martins (Inter Milan)

8 Lionel Messi (Barcelona)

8 Raul Gonzalez (Real Madrid)

8 Javier Saviola (Barcelona)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement