Jumat 09 Apr 2021 13:45 WIB

Arteta Beberkan Kondisi Odegaard

Martin Odegaard absen saat Arsenal ditahan imbang Slavia Praha 1-1.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Martin Odegaard dari Arsenal.
Foto: AP/Nick Potts/Pool PA
Martin Odegaard dari Arsenal.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih Arsenal Mikel Arteta mengungkapkan kondisi Martin Odegaard yang cedera sejak kembali dari tugas internasional bersama Norwegia. Odegaard tetap bermain 90 menit saat melawan Liverpool di Liga Inggris Primer meski mengalami masalah pada pergelangan kaki.

Arteta pun memutuskan tak menurunkan pemain pinjaman Real Madrid tersebut ketika the Gunners bermain imbang 1-1 melawan Slavia Praha pada leg pertama babak perempat final Liga Europa, Jumat (9/4) dini hari WIB. Arteta tak ingin mengambil risiko lebi besar dengan menurunkan Odegaard. 

Baca Juga

Setelah pertandingan, Arteta mengakui Odegaard membutuhkan banyak waktu untuk pemulihan pada masalah pergelangan kakinya. Namun pelatih asal Spanyol tersebut tak bisa memastikan pemain barunya akan absen dalam jangka panjang.

“Dia tidak bisa bermain hari ini dan dia akan absen, saya pikir, untuk satu atau dua pertandingan berikutnya. Namun kami belum tahu,” kata Arteta, dilansir dari Goal.

Komentar Arteta tersebut mengindikasikan pemain 22 tahun tersebut akan absen saat bertandang ke Bramal Lane melawan tim terbawah Liga Inggris, Sheffield United. akhir pekan nanti. Dia juga diragukan tampil pada leg kedua Liga Europa di kandang Slavia Praha empat hari berikutnya.

Jika kondisinya belum membaik, bukan tak mungkin Odegaard akan absen melawan Fulham dan Everton pada bulan April. Ketidakhadiran Odegaard sebagai gelandang kreatif membuat permainan the Gunners goyah di level Eropa.

Itu terlihat ketika Arsenak kehilangan sentuhan kreativitas saat melawan Slavia Praha. Arsenal tak mampu mempertahankan keunggulan pada menit ke-86 melalui gol Nicolas Pepe setelah Tomas Holes menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Hasil tersebut membuat Arsenal menghindari kekalahan atau hasil imbang 0-0 pada leg kedua untuk lolos ke semifinal sekaligus menjaga harapan mendapatkan tiket Liga Champions musim depan.

Arsenal sangat berharap Odegaard bisa bermain di leg kedua. Dia cepat beradaptasi sejak kedatangannya dari Real Madrid. Ia juga memberikan pengaruh nyata di lini tengah Arsenal. Dia tampil 13 pertandingan di semua kompetisi untuk Arsenal dan Arteta tengah berusaha mempertahankan Odegaard. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement