Ahad 11 Apr 2021 19:28 WIB

Babak Pertama, Persib Cetak 3 Gol ke Gawang Persebaya

Persib Bandung terus menekan sejak awal laga.

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola Persib Bandung Wander Luiz Queiroz Dias (kanan) merayakan gol.
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Pesepak bola Persib Bandung Wander Luiz Queiroz Dias (kanan) merayakan gol.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Babak pertama laga antara Persib Bandung dan Persebaya Surabaya berakhir dengan skor 3-0. Gol dari penggawa Persib, Ezra Walian, Wander Luiz, dan Nick Kuipers, terjadi di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Ahad (11/4).

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts menempatkan pemain baru, Farshad Noor, dalam starting eleven. Sementara taktik berbeda diberikan oleh pelatih Persebaya, Aji Santoso. Aji menggunakan skema 4-3-3 dengan menyimpan Rachmat Irianto sebagai gelandang tengah.

Babak pertama diawali dengan peluang Persib lewat Febri Hariyadi yang masih bisa dihalau Persebaya. Febri kemudian melakukan tendangan pojok yang menjadi bola muntah di kotak penalti Persebaya. Ezra yang tidak dijaga siapapun berhasil mengeksekusi bola muntah tersebut menjadi gol. Menit pertama, Persib sudah unggul 1-0 dari Persebaya.

Persebaya yang terkejut lebih banyak mengamankan lini pertahanannya. Persib yang menguasai pertandingan kembali mencoba peruntungan dengan menekan Persebaya. Hasilnya, pada menit enam umpan Frets berhasil dieksekusi dengan baik oleh Wander Luiz, meski bola sempat terpantul tiang gawang. Persib menambah keunggulan menjadi 2-0 atas Persebaya.

Tertinggal dua gol tidak membuat Persebaya menyerah. Persebaya memaksa meningkatkan ritme pertandingan dengan menekan lini pertahanan Persib. Sayangnya, peluang Ridho harus terbuang sia-sia.

Aksi saling serang pun terjadi di tengah-tengah pertandingan. Pada menit 36, tendangan pojok dari Frets berhasil dieksekusi oleh Nick Kuipers. Skor berubah menjadi 3-0 untuk Persib.

Akhir babak pertama pemain Persebaya Arif Satria melepas peluang emas ketika tendangannya masih meleset di sisi gawang. Wasit memberikan lima menit perpanjangan waktu.

Percobaan kiper Persebaya Satria Tama untuk maju dan menghalau Wander Luiz justru membuahkan kartu merah akibat refleks menghalau bola di luar kotak penalti. Wasit memberikan kartu merah bagi Persebaya. Pertandingan babak pertama berakhir dengan skor 3-0 atas keunggulan Persib.

Daftar Susunan Pemain:

Persib Bandung

Teja Paku Alam, Ardi Idrus, Henhen Herdiana, Victor Igbonefo, Dedi Kusnandar, Farshad Noor, Febri Hariyadi, Ezra Walian (14' Esteban Vizcarra), Frets Butuan, dan Wander Luiz.

Persebaya Surabaya

Satria Tama, Ady Setiawan, Arif Satria, Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Koko Ari Araya, Alwi Slamat, Muhammad Hidayat (45' Ernando Ari), Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan, dan Rifaldi Bawuo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement