Senin 03 May 2021 02:58 WIB

Babak Pertama, Valencia Tahan Barcelona tanpa Gol

Barcelona butuh kemenangan dalam persaingan juara La Liga.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pemain Valencia Goncalo Guedes (kiri) dijaga bek Barcelona Clement Lenglet.
Foto: EPA-EFE/Kai Foersterling
Pemain Valencia Goncalo Guedes (kiri) dijaga bek Barcelona Clement Lenglet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona bertandang ke markas Valencia pada lanjutan pekan ke-34 La Liga di Stadion Mestalla, Senin (3/5) dini hari WIB. Babak pertama berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Barcelona yang butuh kemenangan untuk bersaing dalam perebutan juara La Liga tanpa ragu melancarkan serangan ke lini pertahanan Valencia. Umpan terobosan Jordi Alba yang dimaksudkan kepada Antoine Griezmann mentah. Namun Correia dengan cepat memotong jalur operan tersebut.

Baca Juga

Selanjutnya, di menit ketiga Griezmann memberikan umpan untuk De Jong di kotak penali. Pemain asal Belanda itu memilih untuk menyundul kepada Pedri, yang dilanjutkan dengan tendangan kaki kanan, tapi bola masih melebar dari tiang kanan gawang. 

Peluang emas dimiliki Barca pada menit ke-13. Lionel Messi melepaskan tendangan bebas melewati pertahanan Valencia dan menuju titik penalti. Gerard Pique menerimanya dan mengumpan kepada Araujo, yang dilanjutkan dengan tendangan voli dengan kaki kanan. Namun, kiper Jasper Cillessen, yang pernah membela Barcelona, berhasil menangkisnya.

Valencia juga berhasil menciptakan peluang mereka pada menit ke-20 via serangan balik setelah merebut penguasaan bola di garis tengah. Gaya bergegas memberikan operan panjang yang berhasil diterima oleh Guedes. Ia berhasil mencapai area penalti sebelum melepaskan tendangan kaki kiri yang melebar ke kanan gawang Ter Stegen. Barcelona tampak lengah di sana dan mereka beruntung bek sayap itu tidak menghukum mereka.

Pada menit ke-26, Gaya memberikan terobosan kepasa Racic. Ia pun mencoba untuk menempatkan tembakan kaki kanan ke arah kiri bawah sudut gawang tetapi Ter Stegen masih bisa menyelamatkannya.

Di menit ke-31, Messi memotong ke dalam dari kanan kotak penalti dan jatuh di bawah tekanan Gaya. Wasit pun memberikan tendangan bebas. Melalui situasi bola mati itu, Messi melepaskan tembakan ke gawang tapi masih melambung di atas mistar.

Tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim hingga turun minum. Babak pertama berakhir dengan skor imbang 0-0.

Susunan pemain kedua tim:

Valencia  (4-4-2): Jasper Cillessen; Jose Gaya, Gabriel Paulista, Hugo Guillamon, Thierry Correia; Daniel Wass, Uros Racic, Carlos Soler, Toni Lato; Goncalo Guedes, Maxi Gomez.

Cadangan: Manu Vallejo, Yunus Musah, Lee Kang-In, Mouctar Diakhaby, Cristiano Piccini, Christian Oliva, Ferro, Denis Cheryshev, Eliaquim Mangala, Jaume Domenech, Kevin Gameiro, Alex Blanco.

Barcelona (3-5-2): Marc-Andre ter Stegen; Ronald Araujo, Gerard Pique, Clement Lenglet; Jordi Alba, Pedri, Sergio Busquets, Frenkie de Jong, Sergino Dest; Antoine Griezmann, Lionel Messi.

Cadangan: Samuel Umtiti, Riqui Puig, Neto, Arnau Tenas, Trincao, Ousmane Dembele, Sergi Roberto, Matheus Fernandes, Oscar Mingueza, Miralem Pjanic, Ilaix Moriba, Junior Firpo.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement