Kamis 20 May 2021 16:38 WIB

5 Bintang Ini Punya Kans Pulih dari Cedera Sebelum Euro 2020

Pemain bintang seperti Van Dijk, Ibrahimovic, Ter Stegen absen di Euro karena cedera.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Bek timnas Inggris, Harry Maguire, memiliki kans pulih untuk tampil di Euro 2020.
Foto: Andy Rain / Pool via AP
Bek timnas Inggris, Harry Maguire, memiliki kans pulih untuk tampil di Euro 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kompetisi sepak bola Eropa akan segera berakhir, dan para penggemar sepak bola kembali dimanjakan dengan hajatan Piala Eropa (Euro) 2020 pada musim panas mendatang. Setelah ditunda karena maraknya pandemi Covid-19 tahun 2020 kemarin, UEFA dan beberapa pemangku kepentingan sepak bola Benua Biru sepakat untuk memainkan Piala Eropa pada Juni 2021.

Saat ini beberapa timnas sudah memberikan daftar 26 nama pemain yang masuk ke dalam skuad di Euro 2020. Di samping kabar hangat kembalinya Karim Benzema ke skuad timnas Prancis di bawah asuhan Didier Deschamps, beberapa pemain sepert Virgil van Dijk dari Belanda, Zlatan Ibrahimovic (Swedia), Marc-Andre ter Stegen dan Marco Reus (Jerman), tidak bisa menghiasi lapangan hijau karena masalah cedera.

Laman Sportskeeda, Rabu (19/5), merangkum lima pemain yang tengah berjuang untuk cepat sembuh dari cedera agar bisa tampil di Euro 2020 bersama negaranya.

1. Julian Baumgartlinger (Austria)

Kapten timnas Austria tersebut diragukan tampil di Euro 2020 musim panas ini karena menderita cedera lutut yang serius saat memperkuat timnya Bayer Leverkusen ketika melawan Wolfsburg. Pemain berusia 33 tahun itu pun sudah absen memperkuat Leverkusen dari Januari 2021 lalu. Hingga kini pelatih timnas Austria Franco Foda belum mengumumkan skuad. Apabila Baumgartlinger tak dapat pulih tepat waktu, maka posisinya akan digantikan oleh Xaver Schlager.

2. Daley Blind (Belanda)

Bek serbabisa Daley Blind terpaksa harus berjuang dengan waktu untuk bisa segera pulih dan menjalani latihan bersama timnas Belanda sebelum pertarungan di Euro 2020 berlangsung. Blind cedera saat menjalankan pertandingan internasional pada Maret dan sejak saat itu ia absen bersama Ajax Amsterdam. Potensi absennya eks pemain Manchester United itu menambah lubang di lini belakang skuad de Oranje setelah sebelumnya Van Dijk dipastikan tidak ambil bagian.

3. Jordan Henderson (Inggris)

Henderson, yang sering digunakan sebagai bek tengah musim ini oleh pelatih Liverpool Juergen Klopp, mengalami cedera saat pertandingan melawan Everton pada Februari lalu. Klopp telah mengonfirmasi bahwa pemain berusia 30 tahun itu tidak akan tampil untuk Liverpool lagi musim ini, meski dia bisa fit untuk Piala Eropa. Inggris memiliki pemain seperti Declan Rice dari West Ham United dan Kalvin Phillips dari Leeds United, tetapi Henderson pasti akan menjadi starter di Euro 2020 untuk negaranya jika dia dinyatakan fit.

4. Marco Verratti (Italia)

Kualitas Marco Verratti tidak dapat disangkal, dan peran pentingnya bagi lini tengah Paris Saint-Germain (PSG) tidak dapat diremehkan. Sayang kabar buruk datang beberapa pekan lalu, klub asal Prancis mengumumkan pemain berusia 28 tahun mengalami cedera yang berpotensi membahayakan partisipasinya di Euro 2020.

5. Harry Maguire (Inggris)

Absennya Harry Maguire baru-baru ini karena cedera menunjukkan betapa rapuhnya pertahanan Manchester United tanpa sang kapten. Cedera Maguire saat melawan Aston Villa sepuluh hari lalu menjadi pembuka mata bagi para penggemar dan kritikus mengenai pentingnya dirinya untuk pertahanan Manchester United. Pelatih United Ole Gunnar Solskjaer mengakui sangat berharap Maguire kembali untuk pertandingan Man United melawan Villarreal di final Liga Eropa, meskipun tidak ada yang pasti pada tahap ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement