Kamis 27 May 2021 08:07 WIB

Menanti Putusan Southgate untuk Skuad Inggris di Euro 2020

Ada 33 nama pemain yang disertakan Southgate dalam daftar pemain sementara Inggris.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.
Foto: AP/Ben Stansall/POOL AFP
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, akhirnya mengumumkan skuad sementara the Three Lions yang bakal berlaga di putaran final Piala Eropa (Euro) 2020, Juni-Juli mendatang. Namun, dari sejumlah tim yang telah mengumumkan daftar skuadnya, skuad sementara Inggris tergolong begitu gemuk.

Total, ada 33 nama pemain yang disertakan oleh Southgate dalam daftar pemain sementara timnas Inggris di putaran final Euro 2020. Dengan menyertakan 33 pemain, the Three Lions masih memiliki kelebihan tujuh pemain untuk memenuhi kuota maksimal jumlah pemain dalam satu tim yang berlaga di putaran final Euro 2020. Berdasarkan ketentuan teranyar UEFA, tim-tim kontestan putaran final Euro 2020 hanya diperbolehkan menyertakan maksimal 26 pemain dalam skuadnya.

Pelatih berusia 50 tahun itu diharapkan sudah bisa mengumumkan skuad final the Three Lions di putaran final Euro 2020 pada Selasa (1/6) waktu setempat. Terkait gemuknya jumlah pemain di skuad sementara, Southgate memang tak punya banyak pilihan.

Eks pelatih Middlesbrough itu tetap menjaga peluang untuk mendapatkan barisan pemain terbaik di putaran final Euro 2020. Bahkan, Southgate mengungkapkan, saat ini bukanlah kondisi yang ideal untuk mengumumkan 26 nama pemain di skuad the Three Lions.

Southgate merujuk pada tiga klub asal Inggris, yang masih berpartisipasi di kompetisi Eropa pada musim ini. Sementara Manchester United akan tampil di partai final Liga Europa, duel sesama tim asal Inggris, Manchester City dan Chelsea, bakal tersaji di laga final Liga Champions, akhir bulan ini. Artinya, para pemain asal Inggris yang memperkuat tiga klub tersebut masih memiliki potensi mengalami cedera.

''Aspek ketidakpastian masih begitu tinggi. Info dan fakta soal pemain sangat penting. Kami harap, kami memiliki info itu lebih banyak pada tujuh hari mendatang,'' ujar Southgate seperti dilansir BBC, Rabu (26/5).

Salah satu pemain yang masih dibayang-bayangi resiko cedera adalah bek Manchester United, Harry Maguire. Southgate pun mengaku, belum memiliki banyak informasi soal kondisi Maguire. Terlebih, United tengah bersiap untuk menghadapi Villarreal di partai final Liga Europa.

Selain itu, Southgate tentu berharap, sejumlah pemain asal Inggris, yang akan tampil di partai final Liga Champions, tidak akan mengalami cedera dan akhirnya terpaksa dicoret dari skuad sementara timnas Inggris. Di laga final Liga Champions, setidaknya ada enam pemain asal Inggris yang kemungkinan besar akan tampil, baik dari Manchester City maupun Chelsea. Mulai dari John Stones, Kyle Walker, Reece James, Ben Chilwell, Mason Mount, hingga Phil Foden. ''Kami tidak punya informasi yang cukup banyak soal kondisi cedera pemain,'' kata Southgate.

Di sisi lain, Southgate memanggil begitu banyak pemain muda, termasuk pemain yang baru mengemas kurang dari 10 caps bersama timnas senior Inggris. Tercatat, 18 pemain dari 33 pemain di skuad sementara the Three Lions belum genap memiliki 10 caps bersama timnas senior. Selain itu, ada pula pemain-pemain yang belum sama sekali mencatatkan caps bersama timnas senior Inggris, seperti Ben White dan Ben Godfrey.

Dari deretan pemain muda di skuad sementara the Three Lions, sorotan terbesar tertuju pada gelandang muda Borussia Dortmund, Jude Bellingham, yang baru berusia 17 tahun. Pun dengan kehadiran Mason Greenwood dan Bukayo Saka, yang sama-sama baru menginjak usia 19 tahun.

Southgate mengaku cukup antusias dengan kehadiran para pemain muda tersebut. Bahkan, mantan penggawa timnas Inggris itu mengungkapkan rencana terkait kombinasi pemain muda dan pemain senior di skuad the Three Lions di putaran final Euro 2020.

Inggris menuntaskan babak kualifikasi Euro 2020 dengan rekor tujuh kemenangan dari delapan laga. Ini membuat the Three Lions menjadi salah satu tim unggulan untuk bisa meraih trofi Euro 2020. Inggris bergabung bersama Kroasia, Ceska, dan Skotlandia di Grup D. Semifinalis Piala Dunia 2018 itu akan memulai petualangannya di putaran final Euro 2020 dengan menghadapi Kroasia di Stadion Wembley, 13 Juni 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement