Jumat 28 May 2021 21:03 WIB

Kegagalan MU di Liga Europa Berdampak ke Liverpool

Villarreal akan berada di Pot 1 dalam undian peserta Liga Champions.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Para pemain Liverpool (ilustrasi).
Foto: EPA/Clive Brunskill
Para pemain Liverpool (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Manchester United (MU) gagal menyabet gelar juara Liga Europa setelah takluk di partai final kontra Villareal, Kamis (27/5) lalu. Secara tak langsung, hal ini berdampak pada Liverpool yang akan berlaga di Liga Champions musim depan. 

Kemenangan Villareal di Liga Europa otomatis memberi satu tiket Liga Champions edisi selanjutnya kepada mereka, meski tim berjuluk Yellow Submarine itu finis di peringkat ketujuh La Liga Spanyol. 

Baca Juga

Dalam laporan Daily Mirror yang dikutip Express, Jumat (28/5), tim asuhan Unai Emery itu akan berada di Pot 1 dalam undian peserta Liga Champions. Mereka akan bergabung dengan Manchester City, Atletico Madrid, Bayern Muenchen, Sporting Lisbon, Lille, dan Inter Milan. 

MU saat ini berada di Pot 2 bersama Liverpool, Paris Saint-Germain, Barcelona, Juventus, Real Madrid, dan Sevilla. Hasil final Liga Champions antara Chelsea dan Manchester City juga akan memengaruhi tim yang diundi. 

Jika Chelsea dikalahkan City, mereka akan bergabung di Pot 2 dan Borussia Dortmund akan berada di Pot 3. Ini membuat Liverpool berkemungkinan menghadapi Dortmund pada babak penyisihan. Hal ini membuat Jurgen Klopp berpotensi melawan mantan timnya di Liga Champions sejak awal.  Namun jika the Blues mampu menang, Dortmund akan berada di Pot 2. 

Di satu sisi, final akan menjadi catatan masing-masing pelatih. Pep Guardiola akan mempersembahkan trofi Si Kuping Besar yang pertama dalam sejarah Manchester City jika keluar sebagai juara.

Bagi Tuchel, gelar Liga Champions akan menjadi yang pertama baginya sebagai pelatih sekaligus yang kedua untuk Chelsea sejak terakhir meraihnya pada 2012 lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement