Selasa 01 Jun 2021 19:56 WIB

Copa Amerika 2021 akan Digelar di Brasil

CONMEBOL sudah mengumumkan, tapi otoritas Brasil sebut pembicaraan masih berlangsung.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ratna Puspita
Copa America 2021
Foto: https://copaamerica.com/en/
Copa America 2021

REPUBLIKA.CO.ID, LUQUE -- Konfederasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) menyebut Brasil sebagai tuan rumah Copa Amerika ke-47 pada Senin (31/5) kemarin. Namun, Kepala Staf Presiden Brazil Jair Bolsonaro, Luiz Eduardo Ramos, mengatakan pembicaraan sedang berlangsung dan mungkin tidak mencapai kesimpulan formal sampai hari berikutnya.

Keputusan tersebut dibuat kurang dari 24 jam setelah CONMEBOL mengumumkan Argentina batal menjadi tuan rumah yang sejatinya akan dimulai pada 13 Juni hingga 10 Juli. "CONMEBOL @CopaAmerica 2021 akan dimainkan di Brasil! Tanggal mulai dan berakhir turnamen telah dikonfirmasi. Tempat dan jadwal pertandingan akan diinformasikan oleh CONMEBOL dalam beberapa jam ke depan. Turnamen tim nasional tertua di dunia akan menggetarkan seluruh benua!," demikian pernyataan CONMEBOL, dilansir dari ESPN, Selasa (1/6).

Baca Juga

Pada Senin malam, Ramos mengklaim negoisasi sedang berlangsung terkait Brasil sebagai tuan rumah. Namun, dia mengatakan tidak ada yang pasti mengenai negara tuan rumah.

Presiden CONMEBOL Alejandro Dominguez mengatakan keputusan bulat diambil dewan untuk menjadikan Brazil sebagai tuan rumah. Ia juga berterima kasih kepada Argentina dan Kolombia atas persiapannya dan peluang menjadi tuan rumah pada masa akan datang sangat terbuka.

Pembatalan Argentina sebagai tuan rumah karena negara tersebut mengalami peningkatan kasus Covid-19 yang signifikan. Pada Ahad, dilaporkan 348 kematian dan 21.346 infeksi baru.

CONMEBOL enggan membatalkan turnamen untuk kedua kalinya berturut-turut. Copa Amerika terakhir digelar di Brasil pada 2019 dan mendapatkan pendapatan 118 juta dolar AS.

Turnamen yang melibatkan 10 negara Amerika Selatan ini pada awalnya akan diselenggarakan di Argentina dan Kolombia. Itu merupakan pertama kalinya dalam 105 tahun yang menjadi tuan rumah bersama.

Kolombia sebelumnya meminta turnamen ditunda tetapi ditolak CONMEBOL sehingga statusnya sebagai tuan rumah dicabut pada 20 Mei karena kerusuhan sosial dan ekonomi di negara tersebut. Jika Brazil jadi tuan rumah maka stadion-stadion yang digunakan pada Piala Dunia 2014 bisa digunakan seperti Stadion Maracana di Rio de Janeiro atau Stadion Mane Garrincha di ibu kota Brazilia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement