Kamis 03 Jun 2021 16:15 WIB

Ini Alasan Barca Datangkan Emerson ke Camp Nou

Emerson akan menggantikan peran Dani Alves di Barcelona dan timnas Brasil.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Emerson Royal.
Foto: EPA-EFE/Jose Manuel Vidal
Emerson Royal.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona cukup agresif pada bursa transfer edisi teranyar. Setelah mengamankan tanda tangan Sergio Aguero dan Eric Garcia, Barca resmi mendapatkan Emerson Aparecido Leite de Souza Junior.

Sejak 2019 lalu, bek kanan asal Brasil itu dimiliki secara bersama oleh Barcelona dan Real Betis. Dua klub tersebut 'patungan' membeli sang pemain dari Atletico Mineiro. Dalam dua musim perdana ia membela Betis. Kini klub raksasa Katalan menggunakan haknya untuk sepenuhnya memiliki Emerson.

"Barcelona membayar sembilan juta euro (pada Real Betis) untuk menandatangani bek kanan tersebut," demikian laporan yang dikutip dari Marca, Rabu (2/6).

Namun di masa depan, Betis mendapat hak 20 persen dari penjualan Emerson. Sebelumnya, jebolan akademi Ponte Preta ini tak sabar untuk berbagi kamar ganti dengan Lionel Messi dan rekan-rekan. Meski ada tekanan tinggi di Barca, ia siap menghadapi hal itu.

"Mulai 1 Juli (2021), kontrak saya dengan Betis berakhir, dan saya memiliki tiga tahun tersisa di Barcelona. Saya senang. Itu klub impian sejak saya mulai bermain sepak bola. Setiap pesepak bola ingin bermain untuk Barcelona," kata Emerson dikutip dari Marca, Sabtu (29/5).

Eks Atletico Mineiro itu tak tergantikan di pertahanan Betis. Sepanjang musim 2020/2021 bergulir, yang bersangkutan tampil dalam 33 laga di berbagai ajang.

Kini, Emerson sedang bersama tim nasional Brasil. Armada Selecao memiliki dua agenda penting di depan mata. Ada kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Copa America.

Fokus Emerson masih terarah ke sana. Ia termasuk pemain baru di skuad Samba. Ia menggantikan peran Dani Alves.

Emerson bangga dengan perjalanan karier singkatnya ini. Pada saat bersamaan pria kelahiran Sao Paulo itu mengaku sebagai pengagum Alves. "Dia inspirator. Saya berharap bisa bertemu dengannya secara pribadi, dengan timnas, atau di luar dari itu. Saya belajar banyak darinya," ujar Emerson.

Emerson bakal bersaing dengan Danilo da Silva untuk menembus starting XI Brasil. Nama terakhir merupakan andalan Juventus di era Andrea Pirlo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement